2. Koleris

4 tipe kepribadiank

Temperamen koleris mencerminkan sifat tegas, aktif, dan cenderung ambisius dengan apa yang ingin mereka tuju. Mereka tidak mudah menyerah dan sangat cocok untuk mengambil peran pemimpin. Orang dengan temperamen koleris umumnya analitis, ambisius, cerdas, praktis, efisien, dan logis. 

Karena karakteristik tersebut, banyak yang mengatakan bahwa orang dengan temperamen ini tidak mudah didekati. Mereka temperamental, mudah marah, dan cenderung otoriter. Namun, orang bertemperamen koleris ini umumnya sangat suka berbicara tentang topik mendalam dibandingkan pembicaraan singkat dan pendek.

Mereka juga dikenal sebagai orang yang tidak suka bertele-tele dan berterus terang. Orang koleris tidak suka kegagalan, tujuan utamanya adalah kesuksesan. Koleris tidak menyukai orang yang berwatak lemah dan tidak tahan banting, mereka akan menganggap orang tersebut sebagai gangguan.

Orang dengan temperamen ini cenderung individualistis dan mengutamakan kesuksesan. Para koleris suka berkumpul dengan orang yang memiliki ambisi yang sama atau orang yang memiliki daya juang yang tinggi. Mereka sangat menghormati orang yang dapat bersifat profesional di pekerjaan mereka.

Karena sifat koleris yang tegas, ia cocok di posisi manajemen, teknik, dan pekerjaan lapangan.

3. Melankolis

4 tipe kepribadian

Kepribadian temperamen melankolis digambarkan sebagai orang yang memiliki sifat analitis, lembut, dan baik hati. Mereka umumnya mudah berbagi dan menyayangi orang di sekitarnya, seperti teman dan keluarga. Orang melankolis umumnya orang yang konvensional dan kurang bisa beradaptasi.

Kepribadian melankolis ini sangat memperhatikan keperluan orang tersayangnya dan perasa. Mereka tidak suka menjadi pusat perhatian dan lebih memilih bekerja di balik layar. Orang melankolis adalah orang yang berkepribadian rajin, tekun, dan perfeksionis. Umumnya orang ini juga cocok di pekerjaan yang membutuhkan ketelatenan dan ketelitian, seperti manajer. 

Mereka juga suka hal yang berhubungan dengan ketenangan hati, ia akan menghabiskan waktunya membaca buku atau meditasi. Sama seperti koleris, melankolis memiliki ambisi. Hanya saja ambisi tersebut tidak terlihat jelas seperti si koleris. Karena sifat perfeksionis mereka dengan detail, mereka sangat keras terhadap diri sendiri dan orang lain.

Selain perfeksionis, orang melankolis juga memiliki sifat dermawan dan membantu sesama. Dari 4 tipe kepribadian temperamen, melankolis adalah salah satu pribadi yang suka menyimpan dendam dan mudah sakit hati. Jadi, berhati-hatilah ya!


Halaman terakhir soal Plegmatis, yuk simak kepribadian si Plegmatis!


Josevina Gaby

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals