0

Selain melakukan diet, berolahraga menjadi salah satu strategi untuk menurunkan berat badan. Kegiatan berolahraga membakar lemak dan merupakan kunci dari proses penurunan berat badan. 

Berolahraga telah dikaitkan dengan berbagai macam manfaat, termasuk menaikkan mood, menguatkan tulang, dan bisa menurunkan risiko dari penyakit kronis. 

Nah, berikut ini merupakan olahraga terbaik yang bisa dilakukan dalam proses penurunan berat badan.

Mulai dari berjalan, hingga yoga

  • Berjalan

Olahraga Terbaik

Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan, dan tentunya bagus untuk kesehatan dalam beberapa hal. Hal ini juga menjadi salah satu pilihan mudah bagi seseorang yang ingin memulai program penurunan berat badan tanpa merasa terbebani.

Selain itu, berjalan memiliki risiko rendah.  Seseorang bisa menambah waktu berjalannya pada kegiatan sehari-hari di waktu senggang, misalnya.

Sebuah penelitian dirilis oleh National Library of Medicine (NIH) melakukan sebuah program 12-minggu studi kepada 20 wanita obesitas. Studi tersebut menemukan berjalan dengan durasi 5-70 menit, 3 kali seminggu mengurangi lemak badan dan pinggang dengan rata-rata 1.5% dan 1.1 inci (2.8 cm) masing-masing. 

  • Jogging atau berlari

Olahraga Terbaik

Jogging atau berlari menjadi pilihan olahraga berikutnya untuk menurunkan berat badan. Meskipun keduanya terdengar sama, namun terdapat perbedaan pada kecepatan.

Jogging pada umumnya memiliki kecepatan antara 6.4-9.7 km/jam, sedangkan berlari lebih cepat antara 9.7 km/jam. Untuk memulai, seseorang bisa melakukan jogging atau pun berlari 20-30 menit, 3-4 kali dalam satu pekan. 

Rilisan studi oleh Harvard Health memperkirakan seseorang dengan berat 70 kg bisa membakar lemak hingga 298 kalori per 30 minute jogging pada kecepatan 8 km/jam, dan 372 kalori per 30 menit untuk berlari pada kecepatan 9.7 km/jam. 

Selain itu, studi juga menemukan bahwa dengan melakukan jogging atau pun running dapat membantu membakar visceral fat, atau biasa dikenal sebagai lemak di perut.

  • Bersepeda

Olahraga Terbaik

Olahraga ketiga untuk menurunkan berat badan adalah dengan bersepeda. Sepeda-an merupakan kegiatan olahraga populer untuk menjaga kebugaran tubuh, dan juga menurunkan berat badan.

Bersepeda bagus untuk orang-orang dari berbagai macam level kebugaran dan bisa dilakukan baik outdoor maupun indoor

Bersepeda juga dikaitkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan, termasuk menaikkan sensitivitas insulin dan menurunkan risiko dari beberapa penyakit kronis tertentu seperti penyakit jantung, kanker, dibandingkan dengan orang-orang yang tidak bersepeda secara teratur. 

  • Berenang

Renang

Berenang menjadi olahraga pilihan lainnya untuk menurunkan berat badan dengan tingkat risiko rendah. 

Rilisan studi oleh NIH dengan partisipan merupakan 24 perempuan paruh baya menghasilkan dengan berenang selama 60 menit, 3 kali dalam satu pekan selama 12 minggu, dapat menurunkan lemak badan, meningkatkan fleksibilitas, dan menurunkan beberapa risiko penyakit jantung, termasuk kolesterol tinggi.

  • Yoga

Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga populer untuk melepas stres. Meskipun yoga tidak umum digunakan sebagai olahraga untuk menurunkan berat badan, namun yoga menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan yang membantu menurunkan berat badan. 

Yoga bisa dilakukan dimana saja, dan bukan hanya untuk menurunkan berat badan, dengan melakukan yoga dapat melatih mindfulness membantu seseorang menahan keinginan makan-makanan tidak sehat, makan berlebihan, dan lain sebagainya. 


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

Baca Juga  Hoarding Disorder: Sebuah Gangguan Gemar Mengumpulkan Banyak Barang

Like it? Share with your friends!

0
Audy

error: Maaf ya
Choose A Format
Format Berita
Beritakan informasi Pop Culture dan Lifestyle terkini di sini!