1

Pembaca Yunoya yang kebosanan di rumah karena pandemi, siapa yang tidak mau mempunyai teman kecil di rumah untuk menceriakan suasana rumah? Hamster adalah hewan imut berukuran kecil yang cukup mudah untuk dipelihara di rumah lho. Yunoya akan menjelaskan 8 cara merawat hamster kesayanganmu di rumah.

Masing-masing jenis hamster baik Campbell, Winter White, Syrian, dan Roborovski mempunyai cara merawat yang berbeda. Hamster umumnya berumur 2 sampai 4 tahun, tergantung ketahanan tubuh hamster tersebut dan cara merawatnya. Ukurannya yang mungil membuat hewan peliharaan ini mudah dirawat di lingkungan rumah apapun.

Modal yang dibutuhkan untuk merawat master tidak sebanyak modal yang kamu perlukan untuk merawat anjing dan kucing. Yuk, simak 8 cara merawat hamster kesayanganmu!

1. Kandang Hamster

8 Cara Merawat Hamster

Berikan hamster kandang yang bersih dan bebas kuman, jangan lupa sesuaikan kandang dengan jumlah dan ukuran hamster. Jenis hamster seperti Syrian memiliki tubuh yang besar, sehingga kamu harus membeli kandang yang lumayan besar untuk jenis satu ini. Hamster adalah hewan peliharaan yang wajib mempunyai rumah atau kandang untuk beristirahat.

Kamu dapat mencari kandang hamster di toko hewan terdekat. Sesuaikan ukuran dan fasilitas kandang dengan hamster kamu. Pilihan kandang di toko hewan sangat bervariasi, dari kandang jeruji maupun kandang akuarium. Kedua jenis kandang ini memiliki kelemahan dan kekuatan tersendiri.

Kandang jeruji memiliki ventilasi dan terbuka, sehingga membuat hamster kamu jadi aktif. Umumnya kandang jeruji memiliki berbagai macam warna yang menarik untuk dilihat. Namun, kekurangan dari kandang jeruji adalah jerujinya bisa berkarat apabila digigit oleh hamster.

Nah, moncong hamster biasanya dapat terluka karena kebiasaan mereka yang suka menggigit jeruji kandang. Sedangkan kandang akuarium tidak mudah berkarat karena bahan kacanya. Tetapi, kandang ini tidak memiliki ventilasi udara yang baik seperti kandang jeruji dan tidak terbuka. Gunakan kawat di atas kandang akuarium agar hamster memiliki ventilasi udara yang baik.

2. Mainan Hamster yang Menarik

8 Cara Merawat Hamster Kesayanganmu di Rumah

Setelah kandang, jangan lupa diikutsertakan komponen satu ini. Mainan adalah keharusan bagi hamster agar mereka tidak mudah stress dan aktif. Roda berputar hamster membuat hewan peliharaanmu bahagia sekaligus mengurangi tingkat obesitas. Sama seperti manusia, hamster juga dapat terjangkit obesitas apabila tidak bergerak aktif.

Selain mainan roda, ada juga mainan bola dimana hamster dapat masuk dan berputar di dalam bolanya. Sediakan mainan hamster yang memadai agar hamster tidak mudah stress.


Ayo balik ke halaman dua untuk lanjutannya!


Like it? Share with your friends!

1
Josevina Gaby

error: Maaf ya
Choose A Format
Format Berita
Beritakan informasi Pop Culture dan Lifestyle terkini di sini!