Apa Arti Fujoshi dan Fudanshi? Ini Dia Makna dan Penjelasannya!


Kalau kamu yang menggeluti dunia per-wibu-an, mungkin kamu familiar dengan kata Fujoshi dan Fudanshi, tapi apa arti Fujoshi dan Fudanshi yang sebenarnya sih?

Istilah tersebut umum digunakan dan biasanya muncul di dalam fandom Yaoi atau Yuri, biasnaya juga kata ini digunakan untuk yang menyukai hal tersebut.

Bingung apa arti Fujoshi dan Fudanshi? Tenang! Kali ini Yunoya Media akan memberikan informasinya untukmu, jadi simak baik-baik, ya!

Apa Arti Fujoshi?

apa arti fujoshi

Kita mulai dari yang pertama yaitu arti dan makna dari istilah atau kata “Fujoshi” yang paling umum digunakan jika dibandingkan dengan Fudanshi.

Membahas Fujoshi maka sama dengan membahas fandom atau komunitas penggemar Yaoi atau penggemar Shonen Ai, intinya kisah cinta sesama jenis yang utamanya sesama pria (Yaoi).

Nah singkatnya, Fujoshi adalah sebutan untuk para perempuan dan wanita yang suka bahkan menggilai Yaoi dan Shonen Ai.

Dalam bahasa Jepang arti sebenarnya agak sedikit kasar. Fujoshi (腐女子) punya arti yang bermakna “Wanita Busuk” atau makna serupa yang menggambarkan kalau si wanita penggemar Yaoi ini sudah “basi” yang tidak bisa menikah lagi atau sejenisnya karena dia suka kisah cinta sesama laki-laki.

Baca Juga  Sudah Rilis, ini 10 Fakta Death Note Special One-Shot dengan Tokoh Utama Baru!

Fujoshi = Perempuan Penggemar Yaoi

Apa Arti Fudanshi?

apa arti fudanshi

Sekarang kita ke lawannya yaitu Fudanshi, apa arti Fudanshi yang sebenarnya? Artinya tentu hampir sama dengan Fujoshi.

Jika Fujoshi adalah perempuan atau wanita yang suka dengan Yaoi atau Shonen Ai, maka Fudanshi adalah laki-laki atau pria yang suka dengan Yaoi atau Shonen Ai.

Tapi laki-laki Fudanshi tidak selalu seorang gay atau penyuka sesama jenis karena kebanyakan mereka hanya suka interaksi karakter laki-laki di anime favorit mereka.

Sama seperti Fujoshi, arti bahasa Jepang Fudanshi (腐男子) juga kasar yaitu “Pria Busuk” yang konteksnya sama seperti arti Fujoshi.

Fudanshi = Laki-laki Penggemar Yaoi

Penggemar Yuri Juga Punya Sebutannya Sendiri

yuri anime

Meskipun tidak sepopuler julukan penggemar Yaoi, namun penggemar Yuri juga punya julukannya sendiri. Kalau kamu belum tahu, Yuri adalah kebalikan dari Yaoi di mana menceritakan tentang Shoujo Ai atau kisah cinta perempuan atau wanita sesama jenis.

Baca Juga  High School DxD dan Shinmai Maou no Testament, Anime Serupa Tapi Tak Sama

Di Jepang ada tiga istilah atau bahasa untuk menggambarkan penggemar Yuri, dan maknanya sangat bertolak belakang dengan sebutan penggemar Yaoi.

Jika penggemar Yaoi dikonotasikan dengan “busuk”, justru penggemar Yuri di Jepang punya istilah yang “cantik”, apa saja itu?

Hime-Danshi = “Putri-Cowok” untuk Penggemar Yuri Laki-laki

Hime-Joshi = “Putri-Cewek” untuk Penggemar Yuri Perempuan

Yuri-Zuki = “Penyuka Yuri

Nah itu dia arti dari istilah Fujoshi, Fudanshi, bahkan untuk penggemar Yuri juga ada. Nah bagaimana menurutmu? Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu ya yang juga Fujoshi atau Fudanshi!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Raiga

Gouf itu bukan Zaku

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals