Kalau membahas pertarungan Godzilla melawan Kong, sebenarnya sejarah Godzilla vs Kong sudah terjadi sejak lama, sejak film monster raksasa mulai populer di dunia.

Konflik, cerita, dan sejarah Godzilla vs Kong atau King Kong sudah terjadi sejak tahun 1962, bahkan sebelum film pertamanya dibuat juga konfliknya sudah terjadi.

Lalu seperti apa cerita dan sejarah Godzilla vs Kong? Yuk simak dalam pembahasan Yunoya Media berikut ini!

1. Sejarah Lahirnya King Kong dan Godzilla

sejarah godzilla vs kong

Sebelum membahas sejarah konflik keduanya, kita akan membahas sejarah pembentukan dari King Kong dan Godzilla yang semuanya dimulai sejak puluhan tahun lalu.

King Kong diciptakan oleh Merian Edgar Wallace, C. Cooper, dan Ernest B dalam film King Kong pada tahun 1933 yang menjadi salah satu film Kaijuu terpopuler dan paling bersejarah.

Sementara Godzilla diciptakan oleh Tomoyuki Tanaka, Ishirō Honda dan Eiji Tsuburaya dari Toho yang membuat film Kaijuu yang ditakuti, disukai, dan menjadi fenomena pada masanya yaitu Godzilla (Gojira) pada 1954.

2. Konsep Sebelum Godzilla vs Kong Bertarung

sejarah godzilla vs kong

Tentu saja ada sejarah konsep sebelum pertarungan Godzilla vs Kong utamanya dalam film King Kong vs Godzilla (1962) punya drama dan konflik dalam sejarah ini yang bahkan bisa dibuatkan buku atau film sendiri.

Cerita dimulai saat salah satu orang yang membuat King Kong 1933 yaitu Willis O’Brien ingin membuat film tentang King Kong melawan Frankenstein yang tumbuh menjadi besar. Saat itu Frankenstein hak ciptanya milik publik, tapi versi ikonik dari Frankenstein dimiliki oleh Universal Picture sehingga merealisasikannya agak sulit.

O’Brien menceritakan dan memperlihatkan konsep film King Kong vs Frankenstein ini ke produser film John Beck, namun karena biaya produksi film stop motion seperti yang diinginkan O’Brien itu mahal, produksinya pun dibatalkan dan ide ini tidak pernah direalisasikan.

3. Pencurian Ide Milik O’Brien oleh John Beck

sejarah godzilla vs kong

Namun John Beck ternyata mencuri ide dan konsep dari O’Brien tentang King Kong vs Frankenstein. John Beck datang ke studio Toho, Jepang untuk memberikan idenya tersebut namun diubah menjadi King Kong vs Prometheus.

Toho pada tahun 1962 memang ingin membuat film Godzilla lagi setelah 7 tahun tidak membuatnya, terakhir adalah Godzilla Raids Again pada tahun 1955.

Tertarik, Tsuburaya pun mengambil konsep tersebut dan membuat filmnya sendiri dengan memasukan Godzilla sebagai lawannya Kong, bukan Frankenstein. Tidak seperti konsepnya O’Brien, Eiji Tsuburaya menggunakan kostum untuk film ini, bukan stop motion.

4. Cerita Film King Kong vs Godzilla (1962)

sejarah godzilla vs kong

Kong hadir di film ketiga Godzilla dalam sejarah setelah Godzilla (1954) dan Godzilla Raids Again (1955), menjadikan Kong salah satu musuh ikonik Godzilla sejak lama.

Dalam film ini menceritakan tentang Godzilla yang terjebak di bongkahan es selama 7 tahun (yang menjelaskan absennya) lalu dia bangun dan kembali ke Jepang. Di sisi lain, King Kong adalah Dewa di pulau Faro yang dibawa oleh beberapa orang Jepang ke negara asalnya saat dia tertidur.

Sebelum Kong sampai di Jepang, mereka dihadang oleh militer Jepang karena Kong dianggap membahayakan, saat kapal pembawa Kong meledak, Kong selamat dan menuju Jepang sendiri, bertemu dengan Godzilla yang sedang mengacaukan kota dan keduanya bertarung.

Militer menggunakan listrik bertegangan tinggi untuk menghentikan keduanya, tapi King Kong justru semakin kuat dengan listrik ini. Kong berhasil dibius dengan jus buah dari pulaunya sendiri, lalu militer Jepang ingin membawa Kong ke gunung Fuji untuk bertarung dengan Godzilla agar keduanya mati.

5. Beda Pemenang di Versi Jepang dan Amerika!

sejarah godzilla vs kong

Pertarungan Godzilla melawan Kong sejatinya adalah pertarungan dua monster milik Jepang dan Amerika, karena itu versi 1962 juga punya hasil akhir yang berbeda-beda meskipun pemenangnya sudah dikonfirmasi.

Setelah King Kong bertarung dengan Godzilla di gunung Fuji, keduanya melanjutkan pertarungan di tepi laut dan keduanya pun terjatuh ke laut lalu bertarung di bawah air. Dalam pertarungan tersebut hanya King Kong yang keluar dari air, menandakan kalau King Kong yang menang, apa iya?

sejarah godzilla vs kong

Sempat terjadi kontroversi pada saat itu, terutama setelah majalah fan dari Amerika yaitu Spaceman mengatakan:

Ada 2 versi dari akhir film ini, jika kamu menontonnya di Jepang atau Asia maka pemenangnya Godzilla, tapi kalau di Amerika, Inggris, atau Eropa maka pemenangnya Kong, namun ini bukan pernyataan yang benar.

Pada tahun 1963, Toho memberikan sinopsis dan penjelasan tentang film King Kong vs Godzilla dan menjelaskan kalau di akhir film memang King Kong yang keluar sebagai pemenang, tapi Godzilla masih selamat.

Sebenarnya memang ada 2 versi, tapi perbedaannya tidak mencolok. Di versi Jepang karakternya mengatakan kalau ada harapan untuk Godzilla selamat, tapi di versi Amerika sang karakter justru mengatakan kalau dia berharap Godzilla mati.

 

6. Sekuel Film yang Tidak Dibuat

sejarah godzilla vs kong

Shinichi Sekizawa dari Toho membuat naskah untuk sekuel film King Kong vs Godzilla yang menjelaskan tentang ambigunya akhir pertarungan mereka sebelumnya. Dia juga menghadirkan duel ulang dengan hasil yang jelas. Film ini tidak pernah diproduksi.

Toho mengambil konsep O’Brien tentang pertarungan Frankenstein, tapi melawan Godzilla. Akhirnya film ini tidak diproduksi dan Toho membuat Mothra vs Godzilla, sedangkan untuk Frankenstein dibuat film sendiri oleh Toho yaitu Franksenstein vs Baragon.

Willis O’Brien merasakan kecewa saat tahu kalau ide King Kong melawan Frankensteinnya dicuri bahkan dijadikan film lain yang pemasukannya cukup sukses (King Kong vs Godzilla). O’Brien ingin membawanya ke ranah hukum namun tak punya uang untuk membayar pengacara, dia meninggal tidak lama setelah film King Kong vs Godzilla rilis.

7. Masalah Hak Cipta King Kong

sejarah godzilla vs kong

King Kong sebenarnya sama seperti Frankenstein, yaitu hak ciptanya dimiliki oleh publik, namun film King Kong dan karakter yang menyerupai hak ciptanya dimiliki oleh Turner Entertainment.

Toho sempat membuat film King Kong sendiri yaitu King Kong Escapes yang tidak berhubungan dengan King Kong vs Godzilla. Mechani-Kong muncul di film ini dan bisa digunakan oleh Toho, namun film yang ada Mechani-Kong tak pernah dibuat.

Pada era Heisei, Toho ingin membuat film Godzilla vs King Kong dengan lebih modern namun pihak Turner Entertainment tidak pernah mengizinkan Toho untuk membuat film dengan King Kong.

8. Pertarungan Kembali Terjadi di 2021!

sejarah godzilla vs kong

Mungkin kamu sudah menyaksikan trailer terbaru dari film Godzilla vs Kong, mungkin karena itu juga kamu ada di artikel ini sekarang. Sama-sama berada dalam Monsterverse milik Legendary Pictures, Godzilla akan kembali bertarung melawan Kong!

Film yang mempertemukan Godzilla versi Legendary dengan Kong versi film 2017 ini akan menjadi pertemuan mereka kembali sejak berpisah di tahun 1962.

Berbeda dengan versi 1962 yang akhir ceritanya ambigu, dikatakan kalau film Godzilla vs Kong ini akan punya akhir cerita yang jelas dan akan rilis pada 26 Maret 2021.

Nah bagaimana menurutmu dengan sejarah Godzilla vs Kong ini? Tulis pendapatmu di kolom komentar dan bagikan ke teman-temanmu, ya!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Raiga

Gouf itu bukan Zaku

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals