Cerita dan Sejarah Godzilla vs Kong, Berkonflik Sejak 1962!


Kalau membahas pertarungan Godzilla melawan Kong, sebenarnya sejarah Godzilla vs Kong sudah terjadi sejak lama, sejak film monster raksasa mulai populer di dunia.

Konflik, cerita, dan sejarah Godzilla vs Kong atau King Kong sudah terjadi sejak tahun 1962, bahkan sebelum film pertamanya dibuat juga konfliknya sudah terjadi.

Lalu seperti apa cerita dan sejarah Godzilla vs Kong? Yuk simak dalam pembahasan Yunoya Media berikut ini!

1. Sejarah Lahirnya King Kong dan Godzilla

sejarah godzilla vs kong

Sebelum membahas sejarah konflik keduanya, kita akan membahas sejarah pembentukan dari King Kong dan Godzilla yang semuanya dimulai sejak puluhan tahun lalu.

King Kong diciptakan oleh Merian Edgar Wallace, C. Cooper, dan Ernest B dalam film King Kong pada tahun 1933 yang menjadi salah satu film Kaijuu terpopuler dan paling bersejarah.

Sementara Godzilla diciptakan oleh Tomoyuki Tanaka, Ishirō Honda dan Eiji Tsuburaya dari Toho yang membuat film Kaijuu yang ditakuti, disukai, dan menjadi fenomena pada masanya yaitu Godzilla (Gojira) pada 1954.

Baca Juga  12 Fakta Unik Jurassic Park yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

2. Konsep Sebelum Godzilla vs Kong Bertarung

sejarah godzilla vs kong

Tentu saja ada sejarah konsep sebelum pertarungan Godzilla vs Kong utamanya dalam film King Kong vs Godzilla (1962) punya drama dan konflik dalam sejarah ini yang bahkan bisa dibuatkan buku atau film sendiri.

Cerita dimulai saat salah satu orang yang membuat King Kong 1933 yaitu Willis O’Brien ingin membuat film tentang King Kong melawan Frankenstein yang tumbuh menjadi besar. Saat itu Frankenstein hak ciptanya milik publik, tapi versi ikonik dari Frankenstein dimiliki oleh Universal Picture sehingga merealisasikannya agak sulit.

O’Brien menceritakan dan memperlihatkan konsep film King Kong vs Frankenstein ini ke produser film John Beck, namun karena biaya produksi film stop motion seperti yang diinginkan O’Brien itu mahal, produksinya pun dibatalkan dan ide ini tidak pernah direalisasikan.

Baca Juga  Reaksi Awal Birds of Prey Mencuat, Lebih Bagus dari Suicide Squad?

3. Pencurian Ide Milik O’Brien oleh John Beck

sejarah godzilla vs kong

Namun John Beck ternyata mencuri ide dan konsep dari O’Brien tentang King Kong vs Frankenstein. John Beck datang ke studio Toho, Jepang untuk memberikan idenya tersebut namun diubah menjadi King Kong vs Prometheus.

Toho pada tahun 1962 memang ingin membuat film Godzilla lagi setelah 7 tahun tidak membuatnya, terakhir adalah Godzilla Raids Again pada tahun 1955.

Tertarik, Tsuburaya pun mengambil konsep tersebut dan membuat filmnya sendiri dengan memasukan Godzilla sebagai lawannya Kong, bukan Frankenstein. Tidak seperti konsepnya O’Brien, Eiji Tsuburaya menggunakan kostum untuk film ini, bukan stop motion.


Lalu bagaimana dengan film King Kong vs Godzilla di 1962? Yuk lanjut ke halaman 2 untuk sejarah Godzilla vs Kong!


Raiga

Gouf itu bukan Zaku

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals