Kata ‘berantakan’ telah lama dipandang sebagai kekurangan atau tanda kemalasan. Lain halnya, kebersihan dan terorganisir dipandang sebagai sesuatu yang ideal, kedua kata ini merupakan tanda dan jalan menuju kesuksesan. Ada kaitan kah antara kamar berantakan dengan kesehatan?

Untuk beberapa orang, kerapihan di kamar bisa menjadi suatu hal menyenangkan untuk dilakukan. Namun bagi beberapa orang lainnya, dengan kondisi rapi tidak memiliki efek serupa. 

Beberapa orang merasa cemas di ruangan berantakan, namun beberapa lainnya merasa di waktu paling kreatifnya di tengah kekacauan yang ada. 

Biasanya, orang-orang menganggap kekacauan ini bukanlah apa-apa karena tidak waktu untuk membersihkannya. Namun, tanpa disangka, terdapat alasan di balik semua kekacauan itu.

Memiliki ruangan berantakan tidak selalu berarti ada hal lain terjadi dengan kesehatan mental. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, hal ini dapat mengindikasikan suatu hal lebih serius telah terjadi. 

Jadi, apa makna dari kamar berantakan? Apakah ada makna tersembunyi di balik ruangan berantakan? 

Kamar berantakan dan kesehatan mental

Apa Kaitan Kamar Berantakan dengan Kesehatan?

Kamar berantakan terjadi karena beberapa faktor. Hal paling memungkinkan yaitu seseorang sedang sibuk dan memiliki waktu terbatas untuk berbenah. 

Selain itu, kamar berantakan bisa jadi sebagai tanda bahwa seseorang memiliki terlalu banyak barang di kamarnya. Ataupun jika seseorang yang sudah berkeluarga, kamar berantakan menjadi tanda bahwa anak-anak tidak memiliki motivasi untuk membersihkan kamarnya sendiri. 

Namun, bila kasusnya adalah kamar berantakan sepanjang waktu, apakah memiliki kaitan terhadap kesehatan mental? 

Dalam beberapa kasus, keadaan kamar mungkin memiliki kaitan dengan kondisi kejiwaan. Sebagai contoh, orang dengan gangguan obsessive-compulsive disorder (OCD), akan merasa cemas saat kamarnya berantakan dan selalu sibuk untuk merapikannya. 

Contoh lainnya, orang dengan gangguan hoarding disorder gemar mengumpulkan barang, dan menyebabkan ruangannya terisi dengan barang-barang tidak berguna, seperti koran ataupun wadah plastik. 

Terdapat beberapa implikasi kesehatan mental dari sudut pandang psikologis terkait kamar berantakan:

  • Memiliki ruangan berantakan merupakan sebuah fenomena baru
  • Hidup dengan kekacauan sebenarnya merupakan hal yang sangat mengganggu
  • Menjadi berantakan menandakan sesuatu sedang terjadi

Kamar berantakan tanda sedang mengalami depresi

Apa Kaitan Kamar Berantakan dengan Kesehatan?

Kamar berantakan bisa menjadi penanda sedang depresi. Orang depresi sering merasa terlalu lelah untuk melakukan rutinitas harian membersihkan rumah. 

Jika seseorang merupakan tipikal rapi dan terorganisir, namun secara tiba-tiba tidak peduli dengan kamarnya dengan kondisi berantakan, hal ini bisa menjadi penanda bahwa sesuatu sedang terjadi. 

Weena Cullins, seorang terapis keluar dan pernikahan, dari laman Insider menyebutkan bahwa beberapa kriteria dari diagnosa depresi yaitu, keputusasaan, kelelahan, dan kurangnya konsentrasi, semua ini berperan mengapa kamar menjadi berantakan. 

Depresi juga menjadi penyebab seseorang sulit untuk fokus dan memiliki energi untuk membereskan ruangan. 

Kamar berantakan tanda sedang merasa kewalahan

Apa Kaitan Kamar Berantakan dengan Kesehatan?

Jika seseorang sedang merasa frustasi, marah, atau kewalahan terkait kamar berantakan, itu menjadi tanda bahwa ada suatu hal perlu ditangani. 

Mencari tahu dari mana harus memulai dan bagaimana cara mengatasi masalah ini bisa terasa sangat berat. Ini mungkin berarti harus menghilangkan beberapa barang, mempelajari cara mengorganisir kamar, atau meminta bantuan orang lain untuk membersihkan ruangan.

Kamar berantakan tanda sebagai preferensi

Apa Kaitan Kamar Berantakan dengan Kesehatan?

Beberapa orang memiliki kebiasaan tidak terlalu memprioritaskan segala sesuatu harus teratur, bersih, dan tertata pada tempatnya. 

Dalam hal ini, kamar berantakan merupakan hal normal. Jika rumah berantakan dan seseorang dalam kondisi baik, mungkin itu lebih menandakan tentang kepribadian atau preferensi pribadi.

Kamar berantakan tidak selalu menjadi penanda sedang dalam keadaan depresi

Apa Kaitan Kamar Berantakan dengan Kesehatan?

Menurut Cullin, beberapa orang memang tidak tertarik untuk berbenah dan memastikan bahwa ruangannya selalu dalam keadaan rapi. 

Jika seseorang terus-menerus mencoba untuk menjadi lebih rapi dan menjaga kebersihan ruangannya, tapi tidak mampu melakukannya karena satu hal dan lainya, saat itulah perubahan perlu dilakukan.

Nah sekarang tahu kan kaitan kamar berantakan dengan kesehatan? Bagaimana menurutmu?


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Audy

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals