Kopi merupakan minuman popular, hampir semua orang pernah minum kopi. Minum-minuman berkafein seperti kopi, sering dijadikan pilihan oleh banyak orang untuk meningkatkan energi sebelum memulai hari. Apakah kopi meningkatkan daya ingat?

Beberapa pecinta kopi sering bertanya efek dari kafein benar-benar dapat meningkatkan daya ingat atau tidak. 

Dari laman very well mind, banyak dari konsumen kopi mengaku setelah meminum kopi, mereka menjadi lebih waspada. Bahkan, seorang peminum kopi yang melabeli dirinya sebagai seorang pelupa mengatakan kemampuan daya ingatnya bertambah setelah minum kopi. 

Sebuah studi rilisan John Hopkins University menemukan bahwa kopi berefek positif pada kemampuan daya ingat jangka panjang. Selain itu, kafein disebutkan dapat meningkatkan ingatan tertentu setidaknya hingga 24 jam setelah dikonsumsi.

Bagaimana kafein bekerja?

Benarkah Kopi Meningkatkan Daya Ingat?

Kafein bekerja seperti obat-obatan, efek ditimbulkan setelah minum minuman berkafein dapat dirasakan secara langsung oleh otak. Selain itu, kafein memiliki efek untuk meningkatkan kewaspadaan. 

Sebuah penelitian dirilis oleh Frontiers in Psychology melakukan eksperimen kepada para mahasiswa, mengenai konsumsi kopi untuk meningkatkan performa daya ingat di pagi hari dan malam hari. 

Hasilnya, ditemukan bahwa minuman berkafein ini memiliki manfaat meningkatkan kinerja memori eksplisit terhadap mahasiswa di pagi hari, namun tidak pada sore hari. 

Mereka yang meminum kopi berkafein menunjukkan 30% manfaat dari kopi berkafein dalam kinerja memori dibandingkan dengan peminum kopi tanpa kafein. Efek ini tidak tergantung pada efek positif dirasakan dari kafein. 

Studi lain terbitan jurnal The Journal of General Psychology menunjukkan bahwa manfaat kafein pada memori bergantung pada keadaan. Hal ini mengindikasikan bahwa kafein hanya meningkatkan daya ingat, jika digunakan pada saat mengambil informasi dan pada saat mengingat informasi itu nantinya. 

Lebih lanjut, jika kafein tidak digunakan pada saat informasi diberikan, kinerja orang-orang akan lebih buruk jika mereka mengkonsumsi kafein pada saat mereka perlu mengingat informasi tersebut.

Namun, jika mereka mengkonsumsi kafein saat menerima informasi dan tidak mengonsumsi kafein kembali saat mencoba mengingat informasi tersebut, manfaatnya lebih buruk daripada jika mereka mengkonsumsi kafein pada saat perlu mengingatnya.

Efek dari kafein terhadap daya ingat pada orang dewasa

Benarkah Kopi Meningkatkan Daya Ingat?

Beberapa penelitian, menghasilkan hasil positif terkait penggunaan kafein pada orang dewasa, untuk melawan penurunan alami daya ingat terkait usia. 

Sebuah penelitian dalam jurnal Psychological Science menemukan partisipan pengkonsumsi kopi tanpa kafein menunjukkan penurunan kinerja memori secara signifikan dari pagi hingga sore. 

Sebaliknya, mereka pengkonsumsi kafein tidak menunjukkan penurunan performa dari pagi hingga sore. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek waktu hari dapat dimediasi oleh perubahan non-spesifik dalam tingkat gairah. 

Rilisan studi lainnya oleh MPDI menghasilkan bahwa kafein bukanlah cara terbaik untuk meningkatkan daya ingat pada orang tua. Orang tua tampil lebih buruk pada tes memori episodik, setelah mengonsumsi makanan mengandung kafein.

Meskipun ada bukti bahwa kebiasaan mengkonsumsi kafein dikaitkan dengan keuntungan sederhana terkait memori, inti tidak melawan penurunan memori terkait usia.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Audy

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals