Ya, kamu ngga salah baca. Komikus Indonesia sering kali membumbui karakter ciptaannya dengan sentuhan budaya dan pendekatan melalui cerita masa lalu kerajaan-kerajaan di Nusantara. Kali ini Yunoya Media bakal mengulas cerita salah satu seri komik dari Pangeran Mlaar. Langsung aja!

Pangeran Mlaar adalah salah satu karakter ciptaan Alm. Hasmi yang kita kenal lewat karakternya, Gundala. Hasmi menciptakan karakter ini dengan kekuatan maha lentur seperti Mr. Fantastic atau Mrs. Marvel asal Marvel.

Kita ngga akan membahas kekuatannya. Tapi kemiripannya dengan cerita salah satu raja Jawa yang melegenda. Siapa lagi kalau bukan, Jayanegara.

Nasib Yang Sama Sang Raja

Yap, Jayanegara bisa kami bilang mirip dengan Pangeran Mlaar. Bukan karena mereka bisa melentur, tapi karena kisah hidup masing-masing yang bisa dikatakan mirip.

Jayanegara berbeda dengan Pangeran Mlaar jika kita melihat status. Tapi mereka tetaplah kaum bangsawan. Jayanegara berasal dari kerajaan Majapahit menggantikan ayahnya, raja Raden Wijaya.

Mlaar juga awalnya juga menjadi seorang raja di planet Covox. Tapi kemudian hal itu digagalkan oleh Pamannya, Telern yang merebut takhta dari Mlaar.

Masa Penyelamatan Sang Raja

Gajah Mada

Nasib mereka saat dikudeta juga sama, yaitu, Pemberontakan. Seperti Mlaar, Jayanegara berusaha dikudeta oleh Ra Kuti hingga Sang Prabu harus diungsikan oleh Gajah Mada ke salah satu Desa yang bernama Desa Bedander. Mlaar juga diselamatkan. Tapi Mlaar dianggap telah mati oleh penduduknya. Hingga kerajaan jatuh ke tangan pemberontak.

Dyah Jayanagara

Pada fase pembebasannya aja juga memiliki kemiripan. Dalam edisi Gundala : Perhitungan di Planet Covox, Gundala yang bertujuan menyelamatkan Kaisar Cronz membantu Pangeran Mlaar merebut kembali kerajaan dari tangan pemberontak.

Alih-alih mengikuti kehendak Pangeran, Gundala memiliki rencana. Begitupula Gajah Mada yang telah menyiapkan strategi untuk merebut kembali ibukota.

Kedua sosok ini sama-sama mengumpulkan pasukan, bedanya Gundala memakai penduduk yang masih setia untuk melancarkan perlawanan. Pada akhirnya keduanya berhasil memenangkan situasi dan sang Raja kembali menerima apa yang memang menjadi haknya. Keren ya!

Disinilah juga Gundala mendapatkan kekuatan berlari secepat topannya. Juga di cerita inilah pertama kali nama Gajah Mada muncul.

Nah itu dia tadi persamaan Gajah Mada dan Pangeran Mlaar yang pastinya seru banget. Adaptasi budaya yang gokil nih. Apakah kalian setuju dengan tulisan kami? Berikan komentarmu!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Iqbal Pradana

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals