Mungkin saat ini pertanyaan siapa itu Agatha Harkness sedang ramai ya. Tapi bagaimana kalau kita bahas fakta Agatha Harkness di Marvel? Pasti banyak dari kamu yang penasaran juga kan?

Agatha Harkness adalah salah satu karakter menarik yang muncul di Marvel dan juga di Marvel Cinematic Universe sehingga membahas fakta Agatha Harkness akan jadi menarik!

Apa saja fakta Agatha Harkness di Marvel? Yuk simak berikut ini dari Yunoya Media!

1. Umur Agatha Harkness Sudah Ribuan Tahun!

Sebagai seorang penyihir hebat di jagat Marvel memang Agatha Harkness bukan karakter sembarangan, karena itu dia sudah berumur panjang bahkan sudah ribuan tahun!

Diketahuinya dari salah satu dialog yang mengatakan kalau Agatha Harkness sudah hidup setidaknya sejak 500 tahun sebelum Atlantis tenggelam, yang mana itu adalah 10 ribu tahun lalu di jagat Marvel Comics. Berarti setidaknya Agatha Harkness sudah hidup selama 10 ribu tahun lebih!

2. Pertama Kali Muncul di Fantastic Four

fakta agatha harkness marvel

Meskipun punya hubungan dengan Wanda Maximoff (dan tentunya serial WandaVision juga), namun kemunculan awal Agatha Harkness bukanlah di dalam cerita-cerita Wada Maximoff.

Justru Agatha Harkness baru muncul pertama kali di komik Fantastic Four, lebih tepatnya di komik Fantastic Four terbitan ke-94.

3. Agatha Harkness Sempat Jadi Perawat Franklin Richards

fakta agatha harkness marvel

Fakta Agatha Harkness di Marvel ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya yaitu kelompok Fantastic Four. Ketika baru muncul dia bersedia menjari perawat dari Franklin Richards yaitu putra dari Reed Richards (Mr. Fantastic) dan Sue Storm (Invisible Woman).

Alasan kenapa Agatha Harkness yang merupakan penyihir hebat berumur ribuan tahun ini ingin menjadi perawat Franklin Richards karena dia tahu Franklin Richards punya kekuatan hebat, bahkan salah satu karakter terkuat di Marvel.

Karena hal ini Agatha Harkness ingin “melihat” Franklin Richards lebih dekat sekaligus membantu anak hebat ini untuk mengendalikan kekuatannya.

4. Sempat jadi Bagian dari Penyihir New Salem

New Salem adalah sebuah kota penuh sihir yang rahasia. Seperti penjelasannya, di dalam kota ini banyak penyihir serta makhluk-makhluk sihir yang unik termasuk Agatha Harkness.

Agatha Harkness diketahui merupakan anggota dari Kelompok Penyihir dari New Salem dalam komik Fantastic Four terbitan ke-182.

Agatha Harkness adalah salah satu penyihir paling kuat di dalam kelompok ini karena dia memang sudah punya pengalaman hidup sebagai penyihir selama ribuan tahun.

5. Agatha Harkness Punya Putra Bernama Nicholas Scratch

Agatha Harkness sempat menikah dengan seorang pria yang tidak diketahui siapa identitasnya, bahkan nama Harkness pun tidak diketahui apakah nama keluarga dari suaminya atau nama aslinya, yang pasti dia sudah tidak bersama dengan suaminya lagi.

Dalam pernikahannya ini, Agatha Harkness memiliki seorang putra yang juga karakter jahat di Marvel Comics yaitu Nicholas Scratch yang juga seorang penyihir dari New Salem.

Agatha dan putranya punya hubungan yang kurang baik karena Nicholas yang sudah menjadi pemimpin New Salem itu menganggap kalau ibunya sudah menodai para penyihir New Salem karena berhubungan dengan dunia luar (berkaitan dengan Fantastic Four di poin sebelumnya).

6. Kekuatan Sihir Agatha Harkness yang Sangat Besar

Seperti yang sering disebut dalam fakta Agatha Harkness di poin sebelumnya, dia adalah salah satu penyihir hebat yang ada di jagat Marvel Comics.

Kekuatannya meliputi kemampuan untuk teleportasi, telepati, mengendalikan pikiran orang lain, menggerakan objek, bahkan dia juga bisa menggunakan kekuatan sihir seperti menciptakan ilusi dan juga meggunakan kekuatan astral projection yang mengeluarkan jiwanya dari tubuhnya sendiri.

Namun karena umurnya sudah menua, dia tidak bisa melakukan beberapa pertarungan yang signifikan, tapi kemampuan merapal mantranya masih yang terbaik.

7. Agatha Harkness Adalah Guru dari Wanda Maximoff

fakta agatha harkness marvel

Sebagai penyihir yang sangat hebat, Wanda Maximoff tentu memerlukan sosok guru sesama penyihir yang bisa membuatnya mengatur kekuatannya.

Nah Agatha Harkness adalah karakter yang menjadi guru sihir dari Wanda Maximoff agar dia bisa mengendalikan kekuatannya dengan baik.

Sebenarnya Doctor Strange bisa dan mau menjadi guru sihir untuk Wanda, namun Doctor Strange punya banyak hal yang harus diurus. Mungkin film Doctor Strange: in The Multiverse of Madness akan menjadikan Doctor Strange sebagai guru Wanda.

8. Tapi, Wanda yang Membunuh Agatha Harkness!

siapa agatha harkness

Meskipun Agatha Harkness adalah guru sihirnya Wanda Maximoff, tapi Wanda juga yang bertanggung jawab dengan kematian Agatha Harkness! Kok bisa?

Wanda sangat sensitif dengan yang terjadi ke dua putra kembarnya. Setelah Agatha juga terlibat dengan hilangnya dua putra kembar Wanda yang merupakan bagian dari sihir Mephisto itu, Wanda pun langsung tidak segan membunuh Agatha Harkness.

Nick Fury dan anggota SHIELD menemukan Agatha sudah tidak bernyawa di kediamannya dan jelas pembunuhnya adalah Wanda Maximoff, muridnya sendiri.

9. Agatha Harkness Kembali Dihidupkan Ibunya Wanda

fakta agatha harkness marvel

Dibunuh oleh Wanda, dalam komik Scarlet Witch terbitan ke-13 diketahui kalau seperti penyihir lainnya, jiwa Agatha berada di Withces Road, yaitu semacam dimensi di mana hanya para penyihir yang bisa masuk ke sini.

Nah tidak hanya jiwa Agatha saja yang ada di sana, namun juga ibunya Wanda yaitu Natalya Maximoff yang juga memang penyihir.

Ibunya Wanda yaitu Natalya Maximoff mengorbankan jiwanya untuk Dewi Witchcraft yang merupakan entitas yang berkaitan dengan para penyihir. Dalam prosesnya ini, jiwa Agatha Harkness juga kembali dihidupkan ke dunia manusia.

10. Agnes adalah Agatha Harkness di WandaVision!

review wandavision episode 7 indonesia

Sebuah pengungkapan yang mengejutkan namun tidak terlalu mengejutkan karena sudah diduga-duga sejak lama juga kalau Agnes di WandaVision adalah Agatha Harkness! Hal ni terungkap di dalam serial WandaVision episode 7.

Agnes di WandaVision ternyata juga berperan dalam mengendalikan dimensi Wanda di Westview, bahkan juga mengendalikan objek atau orang yang tidak berhubungan langsung dengan Wanda, contohnya Pietro Maximoff versi Evan Peters.

Nah itu dia 10 fakta Agatha Harkness di Marvel! Bagaimana menurutmu dengan karakter ini? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Raiga

Gouf itu bukan Zaku

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals