Setiap orang memiliki alasannya sendiri untuk tidur pada saat siang hari untuk memenuhi kurangnya jam tidur pada malam hari, rasa kantuk setelah makan, dan lain sebagainya. Apakah ada manfaat tidur siang?

Dari laman very well mind, tidur siang memiliki banyak manfaat seperti menurunkan kadar stres, menjadi lebih waspada, dan meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, tidur siang memiliki efek lebih baik ketimbang minum kopi untuk mengurangi rasa lelah dan penat.

Sebuah studi rilisan General Psychiatry menunjukkan tidur siang memiliki manfaat baik bagi mental untuk orang dewasa berusia di atas 60 tahun. Studi tersebut menunjukkan orang dewasa yang tidur siang memiliki skor fungsi kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

Dalam tulisan Healthline, Davina Ramkisson, seorang direktur kesejahteraan di Zevo Health menyatakan tidur siang membantu otak untuk pulih dari kelelahan atau setelah menerima informasi berlebih.

Selama tidur siang, otak ‘membersihkan’ memori-memori tidak perlu dan menyiapkannya untuk menerima informasi baru nantinya.

Sebuah studi rilisan Oxford Academic melakukan melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui dampak dari kekurangan tidur pada malam hari, dengan partisipan sebanyak 11 orang pemuda yang sehat.

Penelitian tersebut menunjukkan kekurangan tidur secara berulang dapat mempengaruhi fungsi neuroendokrin dan kekebalan tubuh, dengan meningkatkan molekul inflamasi disebut sitokin, serta hormon stres seperti kortisol dan norepinefrin.

Penelitian tersebut membiarkan partisipan untuk tidur pada malam hari dengan durasi 2 jam. Hasilnya, kadar sitokin dan level dari norepinefrin pada tes urin dan darah meningkat akibat dari kekurangan tidur.

Kemudian, peneliti mencoba menguji manfaat dari tidur siang ketika kekurangan tidur di malam hari. Hasilnya, saat dilakukan tes urin beserta darah, kadar dari sitokin dan norepinephrin kembali menjadi normal, seperti tidak pernah kekurangan tidur.

Selain itu, hasil dari penelitian itu menunjukkan bahwa dengan tidur siang dapat melepaskan stres serta memiliki efek baik terhadap imunitas.

Durasi ideal tidur siang

Tulisan dari laman Sleep Foundation menyarankan waktu tidur siang paling ideal yaitu antara pukul 1 – 3 siang, ketika suhu tubuh turun, dan kadar melatonin meningkat, dengan durasi tidur 10 hingga 30 menit.

Tidur siang dengan durasi waktu lebih dari 30 menit menyebabkan seseorang masuk ke tahap deep sleep (slow-wave). Hal ini akan menyebabkan perasaan grogi ketika baru bangun selepas tidur siang, hal ini juga disebut dengan “sleep inertia”.

Selain itu, tidur siang dengan durasi tidak terlalu cepat ataupun lama memiliki efek menyegarkan dan bisa meningkatkan stamina fisik dan memori.

Panduan untuk tidur siang

Terdapat beberapa hal bisa dilakukan untuk membuat tidur sidang menjadi lebih efektif:

  • Buat jadwal tidur siang

Waktu tidur siang terbaik adalah ketika tidak terlalu pagi dan belum merasa mengantuk dan tidak terlalu petang, sehingga tidak mengganggu waktu tidur pada malam harinya.

Melakukan penjadwalan tidur siang membantu seseorang tetap sesuai dengan jam biologis tidur. Sehingga tidak menyebabkan gangguan ritme sirkadian, di mana membuat seseorang mengalami pergeseran waktu menuju kantuk di malam hari dan setelah makan siang.

  • Tidur siang tidak lebih dari 30 menit

Dari laman Counselling Connection menuliskan tidur siang dengan durasi 10 menit memiliki manfaat besar terhadap peningkatan kewaspadaan dan peningkatan kinerja kognitif, dan efek ini bisa bertahan selama 155 menit.

Untuk menghindari tidur siang terlalu lama, memasang alarm bisa menjadi salah satu alternatif untuk mencegah tidur terlalu lama.

  • Meditasi untuk pengganti tidur siang

Jika tidak ada waktu untuk tidur siang, seseorang bisa menggantinya dengan melakukan meditasi. Meditasi memberikan efek relaksasi pada tubuh serta menghasilkan gelombang otak lebih lambat — mirip dengan efek selepas tidur siang.

Referensi: https://www.healthline.com/ || https://www.sleepfoundation.org/ || https://www.counsellingconnection.com/ || https://www.verywellmind.com/ ||


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Audy

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals