Memperhatikan asupan nutrisi masuk ke dalam tubuh merupakan hal penting udah diperhatikan. Terlebih, untuk seorang penderita diabetes, dimana perlu memperhatikan lebih detaill asupan makanan sehari-hari.  Nah ada rekomendasi makanan diet nih untukmu!

Bagi para penderita diabetes, penting untuk memperhatikan asupan karbohidrat di dalam makan. Makan makanan tanpa terkontrol dapat memperparah penyakit diabetes.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan makanan yang akan dimana untuk kestabilan gula darah pada penderita diabetes. Jadi apa saja rekomendasi makanan diet untuk kamu?

Dari laman American Diabetes Association, terdapat beberapa kriteria makanan untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes: mengandung protein tanpa lemak, makanan dengan sedikit tambahan gula, menghindari lemak trans, dan banyak makan buah serta sayur.

Berikut ini rekomendasi makanan diet bagi para penderita diabetes:

  1. Sayuran-sayuran berdaun hijau

Dari laman Medical News Today, sayuran-sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Selain itu, sayuran hijau memiliki efek rendah dalam meningkatkan kadar gula darah.

Sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale merupakan sumber makanan kaya akan potassium, vitamin A, dan kalsium. Selain itu, bayam dan kale juga mengandung protein dan serat.

  1. Alpukat

Alpukat bagus tidak hanya untuk penderita diabetes, karena kandungan lemak baik dalam alpukat dapat melindungi tubuh dari peradangan, penyakit jantung, dan diabetes.

Bagi para penderita diabetes, alpukat bisa menjadi opsi makanan saat diet karena kandungan lemaknya dapat menstabilkan gula darah setelah makan.

  1. Mentimun

Mentimun kaya akan serat dan mengandung banyak air, sehingga menjadi salah satu pilihan bagus ketika sedang diet karena mentimun memberikan efek kenyang cukup lama.

Bagi para penderita diabetes, mentimun sangat baik untuk dimakan karena rendah akan kandungan insulin dan tidak memiliki jumlah karbohidrat yang tinggi.

  1. Buah beri

Buah beri bisa menjadi pilihan pemanis pada makanan tanpa perlu menambahkan gula tambahan. Selain itu, buah beri kaya akan serta dan antioksidan.

Raspberry memiliki kandungan gula paling rendah ketimbang keluarga beri-berian lainnya, sehingga untuk para penderita diet aman untuk memakannya tanpa khawatir mengalami kenaikan kadar gula darah.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian seperti beras merah, gandum, quinoa, atau millet kaya akan kandungan serat dan mengandung lebih banyak nutrisi ketimbang beras putih. Makan-makanan kaya akan serat bagi para penderita diabetes memiliki manfaat penting karena serat dapat memperlambat proses metabolisme dalam tubuh.

Gandum utuh dan biji-bijian memiliki skala glikemik indeks (GI) lebih rendah ketimmbang roti putih dan nasi, yang berarti juga rendah akan kandungan gula.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk makanan rendah akan skala glikemik indeks  sehingga baik untuk regulasi darah ketimbang makanan bertepung.

Lebih dari itu, kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati, dan dapat memuaskan nafsu makan sehingga dapat mengurangi asupan karbohidrat bagi para penderita diabetes.

Karena kacang-kacangan bersifat karbohidrat kompleks, membuat kacang-kacangan lambat dicerna oleh tubuh daripada jenis karbohidrat lainnya. Oleh karena itu, kacang-kacangan dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes.

Selain itu, kacang-kacangan juga dapat membantu proses penurunan berat badan dan dapat membantu mengatur tekanan darah serta kolesterol. Contoh kacang-kacangan tersebut seperti kacang merah, kacang hitam, atau kacang adzuki.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Audy

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals