Hobi merupakan sebuah istilah untuk mendefinisikan suatu kegiatan bermanfaat dan dilakukan pada waktu luang. Menghabiskan waktu pada suatu kegiatan yang diminati—hobi—dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mental.

Hobi dan kesehatan dideskripsikan sebagai kegiatan untuk orang-orang hidup dengan santai. Akan tetapi, orang dengan sejuta kesibukkan tetap perlu memiliki hobi untuk dilakukan di waktu senggang sebagai pereda stres.

Lebih jauh lagi, hobi memiliki banyak manfaat sehingga membuat waktu dihabiskan untuk hobi terasa berharga. Dengan kondisi gaya kehidupan sekarang, merupakan hal penting untuk memiliki waktu luang mengerjakan suatu hal yang menyenangkan sebagai bagian dari kesejahteraan diri.

Dari laman very well mind, memaparkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa melakukan aktivitas fisik minimal 20 menit dalam satu minggu membuat orang menjadi tidak terlalu rentan terhadap kelelahan.

Studi lainnya menyebutkan melakukan aktivitas menyenangkan di waktu luang dikaitkan dengan tingkat keadaan psikososial lebih tinggi, serta tingkat depresi dan efek negatif lebih rendah.

Selain itu, melakukan kegiatan menyenangkan pada waktu luang juga berkorelasi dengan penurunan tekanan darah rendah serta fungsi fisik lebih baik. Sederhananya, hobi dan kesehatan memiliki banyak manfaat, baik dari sisi psikologis maupun fisik.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari hobi sebagai pereda stres.

  1. Sebagai kegiatan rekreasi dan relaksasi

Hobi menjadi ajang untuk melakukan kegiatan tanpa perlu khawatir tentang pekerjaan dan tanggung jawab saat sedang melakukannya. Selain itu, dengan melakukan hobi dapat mengalihkan pikiran dari hal-hal yang membuat stres.

Meskipun tidak semua hobi menawarkan keterlibatan mental atau fisik, hobi dapat membantu seseorang untuk mempraktikkan teknik mindfulness, yaitu sebuah teknik untuk menikmati momen pada saat ini.

Hobi bisa menjadi sangat berharga bagi orang-orang yang sibuk akan pekerjaan, dan dengan melakukan hal yang diminati bisa mengistirahatkan pikiran sejenak.

  1. Memperbaiki suasana hati

Sebuah rilisan studi oleh Taylor & Francis Online tentang manfaat aktivitas kreatif menemukan bahwasanya dengan melakukan kegiatan bermanfaat seperti hobi, dapat meningkatkan kesejahteraan diri pada hari berikutnya.

Beberapa contoh aktivitas kreatif itu seperti menulis lirik lagu, menulis, merajut, menggambar, dan bermain alat musik.

  1. Meningkatkan kesejahteraan diri

Aktivitas melibatkan fisik seperti berolahraga terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan diri, berdasarkan hasil riset dari Roy Morgan Research, mengenai manfaat dari berolahraga.

Pada penelitian tersebut melibatkan sebanyak 1.35 juta orang dewasa di Australia dan aktif mengikuti kegiatan olahraga secara rutin. Hasilnya, mereka yang rutin terlibat aktivitas fisik seperti berolahraga lebih jarang mengalami depresi, kecemasan, atau stres ketimbang mereka yang tidak berolahraga.

  1. Memungkinkan untuk mengalami “eustress”

Eustress merupakan sebutan untuk stres ‘positif’ dan mampu menstimulasi seseorang untuk selalu tetap semangat dan bersemangat dalam kehidupan.

Eustress merupakan tipe stres cukup penting untuk hadir di dalam kehidupan. Tanpa eustress, seseorang akan merasakan kebosanan, dan di beberapa kasus, bisa menyebabkan stres.

Apa itu law of attraction?
Foto: powerofpositivity

Contoh dari eustress seperti perasaan saat naik roller-coaster, menonton film horor, melakukan tantangan menyenangkan, semua perasaan yang dialami merupakan contoh dari eustress.

Tanpa eustress, seseorang akan merasa kurang termotivasi untuk meraih tujuan hidup dan tidak memiliki makna di kehidupan.

Referensi: https://www.cae.edu.au/ || https://www.tandfonline.com/ || http://www.roymorgan.com/ || https://headtohealth.gov.au/ || https://www.verywellmind.com/


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Audy

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals