Jagoan Comics bisa jadi label komik paling ambisius pada masanya. Dikala industri komik lokal sedang meredup, mereka rutin mengeluarkan karya-karya terbaiknya yang terbilang melampaui gaya pada saat itu.

Jagoan Comics adalah label yang muncul tahun 2000-an dan salah satu pelopor label komik di awal tahun 2000an juga.

Bagaimana Yunoya Media memandang label komik ini? Kemana label komik ini sekarang berada? Berikut rangkumannya.

Seperti kata gue di atas, Jagoan Comics boleh jadi label paling ambisius yang pernah ada. Pendapatan tak seberapa komikus lokal waktu itu tidaklah menguntungkan.

Terlebih jika bicara pasar yang kebanyakan tertuju ke Manga Jepang atau komik Amerika. Dibekali beberapa adisatria hebatnya, Jagoan Comics bermain pada wadah yang sama dengan mereka. Beruntung penggemar komik kala itu antusias menyambut kedatangan mereka.

Umumnya sebelum masuk dekade 2010-an. Komik genre jagoan nyaris tak pernah melanjutkan serinya karena sering kali menemui kegagalan di pasaran. Hal itu mungkin juga sebenarnya terjadi pada Jagoan Comics.

Penjualan yang tak memenuhi target, tapi semangat juang yang menggebu-gebu membuat mereka tetap melanjutkan beberapa serinya. Zantoro Si Siluman Belati berhasil mencapai tiga komik!

Bujang Anom adalah mahakarya luar biasa dari campuran klenik dan silat. Diikuti Siluet Ungu bagai penyihir yang tangkas. Cyborg seperti Siber pun tak kau ketinggalan. Jagoan Comics bagai di atas angin. Gambar yang mumpuni disertai cerita yang menarik membawa napas mereka jauh hingga penjuru negeri.

Ada banyak adisatria hebat di dalamnya. Terlalu banyak ide brillian yang sayang untuk ditanggalkan begitu saja. Tapi kenyataan berkata sebaliknya, Tuan dan Nyonya-nyonya. Setelah sekian lama vakum Jagoan Comics tak lagi aktif baik website maupun produksi.

Hingga berita ini ditulis kami tak tahu harus menghubungi siapa untuk sekadar menanyakan nasib mereka bersamaan karakter yang dibawanya.

Kematian yang mendadak ini tentulah menjadi luka nan pahit untuk ditelan pecinta komik lokal. Tidak ada kabar apapun mengenai mereka adalah kenyataan yang harus kita terima. Lima tahun gue mencari nyawa mereka namun hasilnya nihil.

Gue harap ada beberapa pihak yang sedianya memberikan informasi mengenai label hebat ini. Setidaknya beberapa waktu lalu ada rumor akan kembalinya mereka dari dalam kubur. Tapi informasi itu tidak jelas dari mana asalnya. Dari teman-teman kolektor pun menyayangkan hilangnya mereka dari persaingan komik lokal.

Apapun itu, Jagoan Comics mempunyai nilai jual yang luar biasa. Jikalau diizinkan untuk berkolaborasi, gue dengan senang hati bergabung dan menjadi bagian dari mereka. Semoga mereka kembali lagi membawa kabar yang kita tunggu. Baik atau buruknya kabar itu persoalan belakang. Setidaknya kita mendapatkan kepastian.

Dan itulah rangkuman dari Yunoya Media. Dari pertama berita ini ditulis kami tak tahu lagi harus kemana mencari info. Semoga nasib baik menyertai semangat mereka.

Bagaimana dengan ulasan kami? Apa kamu setuju? Berikan komentarmu dan bagikan, ya!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Iqbal Pradana

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals