Setelah melalui perjalanan penuh liku, Justice League versi Snyder Cut akhirnya siap dirilis.

Sebagai informasi, Justice League sejatinya disutradarai Zack Snyder. Namun di tengah proses produksi, Snyder memutuskan mundur karena berduka atas kematian putrinya. Posisi Snyder lalu digantikan Joss Whedon yang menggarap Justice League sampai filmnya dirilis di bioskop tahun 2017.

Namun tak disangka, versi bioskop yang disutradarai Whedon gagal mencapai kesuksesan kritikal maupun finansial. Berawal dari hasil mengecewakan ini, penggemar beramai-ramai mendukung Warner Bros. agar merilis versi garapan Snyder yang dijuluki “Snyder Cut”.

Dan singkat cerita, dukungan masif ini akhirnya membuat studio Mau merestui perilisan Snyder Cut. Nah, sebelum Snyder Cut tayang 18 Maret 2021 di layangan streaming HBO Max, ada baiknya kita mengetahui beberapa fakta penting filmnya, biar nanti waktu nonton tidak gabut.

Tanpa basa-basi, inilah deretan fakta Justice League Snyder Cut sebelum nonton film DC!

1. Akan Jadi Film Utuh, Bukan Miniseries

Justice League Snyder Cut

Dengan durasi mencapai 4 jam, Justice League Snyder Cut awalnya akan jadi miniseries berjumlah empat episode.

Namun mendekati tanggal main, Warner Bros. dan HBO Max mengganti rencana mereka. Pasalnya, kini Snyder Cut akan dirilis dalam bentuk film utuh berdurasi 4 jam. Artinya, penggemar yang sangat penasaran bisa langsung menikmati versi Snyder Cut dalam sekali jalan.

Meski begitu, dengan durasi yang bahkan melebihi Lord of the Rings ini, pastinya butuh ekstra stamina dan konsentrasi untuk bisa memahami penuh keseluruhan ceritanya. Benar enggak sih?

2. Minim Komedi dan Berating R

Lewat media sosial miliknya, Snyder mengkonfirmasi Justice League versinya takkan memiliki banyak humor dan guyonan. Konsep ini diketahui jadi salah satu perbedaan utama versi Snyder Cut dan versi bioskop yang disutradarai Joss Whedon. Jadi intinya, kalau versi Whedon masih ada lucunya, maka versi Snyder akan cenderung lebih serius.

Yang menarik, Snyder Cut dipastikan punya rating R karena adanya kekerasan dan kata kasar.  Kabarnya, Batman akan mengucapkan sumpah serapah di film ini.

Di atas segalanya, saya tak yakin versi Snyder Cut akan menyamai tingkat kerusuhan film Deadpool. Paling-paling film ini akan seperti Birds of Prey yang masih bermain aman meski mengusung rating R.

3. Takkan Ada Green Lantern Versi Ryan Reynolds

Menurut pengakuan Snyder, di ending filmnya bakal ada cameo kejutan dari seorang superhero populer. Pernyataan ini pun langsung memancing beragam spekulasi tentang siapa jagoan yang akan tampil singkat.

Dari sekian banyak nama, Green Lantern jadi satu karakter yang diyakini akan beraksi.  Bahkan ada yang menduga  Green Lantern akan tampil dengan diperankan Reynolds, yang sebelumnya sempat memerankan karakter ini pada film rilisan 2011.

Namun belum lama spekulasi ini merebak, aktor Deadpool sudah menepisnya duluan. Lalu dengan nada bercanda, Reynolds menegaskan kostum CGI Green Lantern masih tersimpan rapi di kamar mandinya.

4. Batman dan Deathstroke akan Bekerjasama

Batman dan Deathstroke memang musuh bebuyutan. Namun karena Deathstroke berstatus anti-hero, maka ia bisa berubah jadi baik atau jahat tergantung situasi. Seperti halnya yang terjadi di Snyder Cut, dimana Deathstroke akan jadi baik hingga ia bekerjasama dengan Batman.

Diakui Snyder, kerjasama ini didasari oleh sebuah kesepakatan rahasia, dan mungkin juga karena ada musuh yang lebih berbahaya. Apapun itu, Snyder memastikan Batman Deathstroke akan bekerja sama untuk menyelamatkan dunia. Dan boleh jadi, Batman juga akan bekerjasama dengan Joker di adegan Knightmare.

Adapun Deathstroke pertama muncul di post-credit scene versi bioskop dan diperankan Joe Manganiello.

5. Perbedaan Superman Kostum Hitam dan Biru

Justice League Snyder Cut

Hal penting lainnya yang sempat dijelaskan Snyder adalah perbedaan di balik dua kostum Superman.

Untuk versi biru yang jadi kostum kebesaran Superman, kostum ini merefleksikan takdir Superman sebagai pahlawan yang melindungi Bumi.

Sedangkan untuk versi hitam yang digunakan Superman saat bangkit dari kematian, kostum ini rupanya bersifat lebih personal. Dan juga, kostum hitam berhubungan erat dengan identitas dan keluarga asli Superman yang merupakan bangsa Krypton.

Kalau kalian ingat, villain di Man of Steel yang berasal dari Krypton, General Zod, juga memakai kostum hitam di puncak pertarungan.

6. Ada Justice League Versi Hitam Putih

justice league snyder cut

 

Disamping versi Snyder Cut, Justice League juga punya versi alternatif lain yang mungkin sangat menarik bagi pecinta film hitam putih.

Benar sekali, bakal ada Justice League versi hitam putih yang berjudul resmi Justice League: Justice Is Gray. Di mata Snyder, versi yang juga berdurasi 4 jam ini adalah yang paling ideal ditonton bagi penggemar.

Sementara itu, kalimat Justice Is Gray yang dalam judul bukannya tanpa makna. Karena di film ini, Snyder seolah ingin menunjukkan keadilan kadang tak bisa diwujudkan tanpa pengorbanan atau aksi yang menjurus pada kejahatan.

Jadi, itulah sebabnya versi hitam putih ini mengusung subjudul Justice Is Gray. Selain karena visualnya menghasilkan warna kombinasi abu-abu, ceritanya pun juga terasa abu-abu. Dalam artian, mengaburkan batas antara benar dan salah, atau baik dan jahat.

Hingga kini belum ada informasi lebih lanjut soal perilisan versi hitam putih ini.

7. Terbagi dalam Enam Chapter

Justice League Snyder Cut

Mungkin pembagian ini jadi solusi yang tepat bagi kalian (termasuk saya) yang merasa durasi Snyder Cut kepanjangan.

Karena ternyata, cerita versi Snyder Cut terbagi jadi enam chapter. Dimulai dari Don’t Count On It, Batman, The Age Of Heroes, Beloved Mother, Beloved Son, Change Machine, All The King’s Horses, Dan terakhir Something Darker.

Singkat saja nih guys soal inti cerita dari masing-masing chapter. Jadi chapter pertama akan menyoroti perjuangan Batman mencari para superhero. Chapter kedua akan mengisahkan proses bersatunya para superhero, dan Juga, menceritakan Aksi Darkseid (musuh besar Justice League) menyerang planet di masa lalu.

Untuk chapter ketiga, diyakini menyinggung rencana Batman untuk menghidupkan kembali Superman, atau bisa juga tentang rencana jahat Steppenwolf dalam menggunakan Mother Boxes. Beralih ke chapter keempat, konon katanya ini akan berfokus pada adegan Knightmare, dimana Batman akan bekerja sama dengan The Flash, Cyborg dan Joker untuk mencuri satu Mother Box.

Jika terbukti benar, Mother Box ini digunakan untuk mengirim Flash kembali ke masa lalu dan mengingatkan Batman akan masa depan yang penuh kehancuran. Kalau kalian belum Ingat, adegan Knightmare pertama kali muncul di Batman v Superman saat Bruce Wayne bermimpi berbicara dengan Flash.

Untuk chapter kelima, sepertinya akan memperlihatkan aksi para superhero termasuk Superman melawan Steppenwolf. Terakhir untuk chapter keenam, mungkin ini lebih seperti fondasi untuk cerita film Justice League berikutnya. Sebelum Warner Bros mengubah rencananya, Snyder tadinya akan membuat Justice League jadi trilogi.

Ada kemungkinan chapter keenam mengisyaratkan aksi total Darkseid di dua film Justice League berikutnya. Dan yang tak kalah menarik, chapter terakhir ini akan menampilkan cameo kejutan dari superhero populer DC.

Karena durasi total Snyder Cut mencapai 240 menit, anggap saja setiap chapter akan berdurasi sekitar 40 menit. Jadi singkat cerita, kalau kalian mau menonton pelan-pelan seperti saya, mungkin bisa mengambil jeda setiap 40 menit, atau 120 menit kalau mau ngebut sedikit.

8. Ending Filmnya akan Sangat Menggantung

Justice League Snyder Cut

 

Siap-siap dibuat gemas dengan ending dari Justice League Snyder Cut. Bagaimana tidak, Snyder mengkonfirmasi filmnya akan ditutup dengan “cliffhanger yang masif”. Dengan kata lain, ending film ini akan menimbulkan banyak pertanyaan.

Berangkat dari ending yang sangat menggantung ini, pantas saja Snyder awalnya berencana membuat dua film lanjutan Justice League. Adapun Snyder mengakui ending ini akan menciptakan basis cerita untuk dua film berikutnya.

Soal potensi dua sekuel ini, Snyder tak terlalu optimistis mengingat studio tak tertarik memberi lampu hijau. Namun diakuinya, ending menggantung ini akan membuat siapapun mudah membayangkan bagaimana cerita di dua film berikutnya.

Jadi kalaupun nanti Justice League 2 dan Justice League 3 tak pernah dibuat, Snyder merasa hal itu bukan masalah besar. Namun tetap saja, kita sebagai penonton tetap merasa penasaran, bukan?

Justice League Snyder Cut

Well, itulah tadi deretan fakta penting Justice League Snyder Cut yang harus kamu tahu sebelum nonton filmnya

Seperti versi bioskop, versi Snyder Cut menyoroti perjuangan tim Superhero DC menyelamatkan bumi dari serangan Steppenwolf dan pasukannya.

Namun dengan durasi dua jam lebih panjang daripada versi bioskop, jelas Snyder Cut akan punya lebih banyak detail yang membuat cerita maupun eksplorasi karakternya lebih dalam. Bahkan Snyder mengklaim, Justice League versinya akan terasa berbeda meski kita sudah menonton versi bioskop. Benarkah demikian? Kita buktikan saja pada 18 Maret nanti.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Nova

Penyuka karakter antihero, dunia futuristik dan musik Taylor Swift.

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals