Apa itu Gacha? Kata Gacha berasal dari sebuah permainan Capsule Box milik bandai yang ramai dimainkan di Jepang pada tahun 1977 silam.

Gacha sendiri  merupakan suara yang dikeluarkan mesin tersebut saat mengeluarkan hadiah. Untuk dapat bermain kamu perlu nengeluarkan uang sebesar 100 yen untuk bisa mendapatkan hadiah acak dari mesin tersebut.

Seperti apa sih penjelasan gacha dan jenis-jenis gacha? Yuk simak berikut ini penjelasannya apa itu Gacha!

Jenis Gacha

Seiring berkembangnya teknologi, Gacha saat ini sudah banyak diterapkan kedalam game, baik game mobile, PC ataupun konsol. Saat ini, banyak developer game yang menjadikan gacha sebagai daya tarik game mereka.

Sistem Gacha sendiri terus berkembang menghadirkan berbagai macam jenis Gacha demi menarik minat pemain untuk terus mencoba Gacha. Berikut beberapa varian Gacha yang sering muncul dalam sebuah game.

  • Limited Gacha

Jenis Gacha ini hadir dengan penawaran menarik dalam waktu yang terbatas. Hadiah yang ditawarkan biasanya hadiah limited yang tidak akan hadir kembali dalam waktu dekat.

  • Gacha Guarantee

Jenis Gacha yang ini mengharuskan pemain untuk membeli Gacha dalam jumlah tertentu dan kamu akan dijamin untuk mendapatkan hadiah langka yang sebelumnya memiliki drop rate kecil.

Mengapa Gacha Populer?

Limited_CN_01_19_21

Sejauh ini kamu mungkin sadar bahwa Gacha adalah racun yang menghabiskan uang. Namun mengapa Gacha sangat populer bahkan sampai sekarang? Alasan utamanya adalah Kesenangan .

Buat kamu yang penah mencoba Gacha pasti tahu sendiri bagaimana rasanya berdebar-debar saat membuka Gacha dan perasaan  senang saat mendapat item langka yang selama ini menjadi incaran.

Perasaan inilah yang secara psikologis menimbulkan ketagihan karena produksi Adrenaline dan Endorfin yang secara otomatis merasuki seorang pemain Gacha.

Mark Griffiths, seorang psikolog di Nottingham Trent University menyatakan bahwa Kombinasi antara Adrenaline yang memproduksi suatu ‘Motivasi’ dan Endorfin yang memproduksi ‘Kesenangan’ adalah combo maut yang membuat seorang Player menjadi ketagihan dalam Gacha.

Gacha dari Sisi Industri

Dilihat dari sisi industri, Gacha adalah sumber pendapatan yang sangat menjanjijkan. Fate Grand Order sebagai salah satu game gacha paling terkenal total telah menghasilkan $3 miliar, dan lebih dari 50%  pendapatan ini berasal dari Gacha. Gacha juga memiliki tujuan untuk membuat pemain ketagihan dan mempertahankan angka login pemain.

Kesimpulan

Gacha Menjanjikan Kekuatan, Kekuatan Gacha benar-benar mengerikan. Gacha menjanjikan kekuatan kepada para pemain dan bahkan industri game itu sendiri. Namun tentu saja kekuatan Gacha bagi pemain akan berbahaya jika tidak dapat di kontrol dengan baik.  Jadi, pastikan untuk selalu ngegacha secara bijak ya!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Violet

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals