Hantu bukanlah barang baru di industri komik. Terlebih eksistensinya telah ada sejak lama berdikari dengan identitasnya yang mutlak tanpa pernah merasa diganggu serbuan genre lain. Setidaknya itu yang gue tangkap.

Dan ini dia Sibiru, komik adisatria persembahan Edwin Te. Inilah ulasan komik yang dirangkum oleh Yunoya Media.

Dewasanya kemampuan kreator dalam membangun identitas komik semakin beragam dan liar. Tak terlepas dari banyaknya permintaan publik pada satu tema tertentu, horor masih menjadi basis yang menguntungkan. Bisa dikatakan genre ini mampu melawan eksistensi komik jagoan.

Edwin Te nampaknya tergerak untuk membawa keduanya di dalam dunia yang sama. Katakanlah dia telah mempunyai dasar cerita tapi belum tentu eksekusi pemaparan visual yang mumpuni. Rupanya gue salah.

Hal itu terlihat dari karyanya yang satu ini, Sibiru, seorang adisatria berwujud roh dengan misi memberantas kejahatan. Gue kira Sibiru lebih berfokus pada pengembangan personalnya karena gue menganggap ada krisis identitas di sini.

Sibiru adalah formula hebat yang gue idam-idamkan sejak lama. Terlalu lama mengharapkan adisatria sekelas Sukma, Siluet Ungu dan Pocongman bermain di kolam yang sama, gue mendapatkan Sibiru yang beruntungnya muncul disaat gue membutuhkannya.

Cerita dari Sibiru ini unik di mana karakter utama kita tak mengetahui apa yang ada di dalam dirinya. Bagaikan Godam another universe, Sibiru dengan sepenuh hati bermain-main di tubuh inangnya kapanpun dia mau. Komik ini mempunyai pengayaan cerita yang kokoh dengan beberapa bagian yang tidak bisa kalian abaikan begitu saja.

Pewarnaan yang solid juga kontras membuat goresan di dalamnya hidup secara nyata. Untuk visual gue tidak akan berkomentar banyak karena ini lebih dari cukup. Balon percakapannya mudah diikuti, dialog khas anak kota tanpa lupa beberapa umpatan gaul di beberapa bagiannya.

Sangat gue rekomendasikan komik ini untuk kalian si penakut tapi juga suka genre jagoan. Untuk harga sendiri tergolong gila untuk 20 lebih halaman, yaitu, hanya Rp9.900 saja! Terlepas dari harganya, gue menantikan aksi Sibiru ini kedepannya.

Gue salut bagaimana menjanjikannya dunia mereka sebelum momen ini disalip beberapa label baru, yang pasti akan muncul nantinya. Sepanjang membaca gue nyantai untuk beberapa jokes yang dilemparkan, penyajian sederhana tanpa bersifat lebai untuk kondisi sekarang, begitu halus tapi juga tidak gampang roboh.

Entah bagaimana gue berpikiran bahwa hantu mempunyai masa depan cerah sebagai referensi komikus tanah air dalam berkarya. Setidak sampai gue mendapati komik dengan kekuatan serupa layaknya Sibiru ini.

Dan itu dia ulasan kami tentang komik Sibiru. Sibiru bisa kalian dapatkan dengan harga terjangkau di Karyaksa. Linknya ada di sini. Apakah kalian setuju dengan ulasan kami? Berikan komentarmu dan bagikan, ya!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Iqbal Pradana

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals