Ada begitu banyak perbedaan antara Justice League Snyder Cut dan versi bioskop. Dan semua perbedaan itu siap diulas dalam artikel Yunoya Media ini.

Sebelum memulai penjelasan, perlu saya ingatkan bahwa daftar ini mayoritas akan menyoroti adegan atau cerita baru yang hanya ada di versi sutradara Zack Snyder, dan hanya sedikit menyinggung versi bioskop yang disutradarai Joss Whedon.

Oke, tak perlu banyak basa-basi lagi. Mari kita langsung simak aja nih daftar perbedaan Justice League Snyder Cut dan versi bioskop yang luar biasa banyak!

1. Bruce Wayne/Batman

*. Sejak menyaksikan Superman mengorbankan nyawanya demi mengalahkan Doomsday, Batman merasakan dua hal yang terus menghantui hatinya. Yang pertama, ia merasa sangat bersalah telah bersikap sinis dan berusaha membunuh Superman. Yang kedua, aksi heroik Superman menginspirasi batman untuk jadi superhero yang lebih baik. Dari perasaan campur aduk ini, Batman akhirnya berubah jadi sosok yang selalu optimistis, berkeyakinan kuat dan berpikir positif.

*. Saat menemui Aquaman di sebuah desa kecil, Bruce sebenarnya sempat jadi bahan tertawaan dan olokan warga setempat, gara-gara ia mengimingi uang imbalan berjumlah fantastis. Mereka bersikap demikian karena mengira Bruce hanya omong kosong.

*.  Tidak ada adegan Batman meledek kemampuan Aquaman bisa berbicara dengan ikan. Yang ada, Batman malah berbicara dengan Aquaman dengan rasa hormat.

*. Tidak ada adegan Batman menghadapi Parademon di tengah kota.

*.  Bruce sebenarnya mengalami jalan buntu saat berusaha memperbaiki mesin pesawatnya, yang akan jadi alat transportasi Justice League serta pengangkut batmobile.

*.  Tidak ada adegan Bruce mengkritik sikap Wonder Woman yang menutup diri dan bersembunyi sebelum kemunculan Doomsday.

*. Tidak ada adegan Bruce mencela sikap Wonder Woman yang tak bisa melupakan kekasihnya, Steve Trevor.

*.  Tidak ada adegan Bruce diobati lukanya oleh Wonder Woman.

*.  Berkat tangan dingin Alfred, Batman berhasil menciptakan sarung tangan khusus yang bisa membendung tembakan senjata api Parademon. Sarung tangan yang sama juga bisa menahan serangan laser Superman walaupun hanya untuk sesaat.

*. Alfred sebenarnya sempat ragu apakah Batman, Superman dan empat superhero lainnya mampu menaklukkan Steppenwolf dan menggagalkan penyatuan Mother Box. Namun dengan penuh optimisme, Batman meyakinkan bahwa mereka pasti bisa.

2. Arthur Curry/Aquaman

*. Mengetahui Arthur punya kekuatan super, warga desa terpencil memujanya sebagai dewa penyelamat. Alasannya, di saat musim dingin ekstrim melumpuhkan aktivitas kapal dan nelayan, Arthur bisa membawa banyak ikan untuk makanan warga. Berkat aksi Arthur ini, desa terhindar dari bencana kelaparan.

*. Meski sudah didesak Bruce, Arthur tak mau diajak bekerjasama. Sampai akhirnya, Arthur berubah pikiran setelah mendapatkan nasehat bijak dari sang mentor Vulko. Selain meminta Arthur membuka diri, Vulko juga memintanya untuk lebih peduli pada nasib lautan maupun daratan.

*. Vulko juga memberi tahu Arthur bahwa Mother Box di benteng Atlantis sedang diincar Steppenwolf dan pasukan Parademon.

*. Vulko akhirnya menyerahkan tongkat trisula yang terkenal sangat kuat kepada Arthur, agar ia mau menerima takdirnya sebagai pewaris tahta Atlantis.

*. Tidak ada adegan Aquaman merayu Wonder Woman gara-gara terjerat tali lasso.

*. Di tengah proses penggalian makam Superman, Aquaman dan Wonder Woman sebenarnya sempat mengobrol dalam suasana hangat. Padahal sampai saat itu, perseteruan lama bangsa Amazon dan Atlantean belum berakhir.

3. Victor Stone/Cyborg

*. Sebelum menjadi Cyborg, Victor adalah anak muda Wisconsin yang jago komputer dan kapten tim football yang hebat. Karena suka menolong, Victor bahkan pernah meretas data sekolah agar bisa memanipulasi nilai jelek temannya jadi bagus.

*. Selesai memenangkan pertandingan melawan tim gotham, Victor pulang bersama ibunya. Naas, di tengah jalan, terjadi kecelakaan maut yang menewaskan sang ibu dan menyebabkan Victor sekarat.

*. Victor lalu menyalahkan ayahnya, Silas Stone, atas kejadian tragis yang menimpa ia dan ibunya. Karena selama ini, Silas lebih mementingkan pekerjaannya sebagai ilmuwan pemimpin STAR Labs daripada keluarga, khususnya Victor.

*. Demi menebus kesalahannya sekaligus tak mau kehilangan Victor, Silas akhirnya membangun ulang tubuh anaknya yang hancur dengan kekuatan Mother Box. Dari situlah, Victor mendapatkan tubuh robot yang super canggih.

*. Awalnya Victor menganggap tubuh robot ini sebagai kutukan karena ia tak bisa hidup sebagai manusia normal lagi.  Namun setelah merenungkan nasihat ayahnya, Victor akhirnya mau belajar beradaptasi hingga ia berhasil memanfaatkan semua teknologi mutakhir yang tersimpan di tubuhnya.

*. Victor lalu menggunakan kemampuannya untuk kebaikan. Aksi pertamanya sebagai Cyborg adalah meretas bank lalu mentransfer uang ratusan juta dolar kepada seorang perempuan miskin.

*. Victor ternyata sempat melihat Parademon berkeliaran di tengah kota untuk menculik mereka yang pernah menyentuh Mother Box. Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, Victor akhirnya memindahkan lokasi penyimpanan Mother Box terakhir dari rumahnya ke makam ibunya.

*. Setelah berhasil menyelamatkan ayahnya dari aksi penculikan Steppenwolf, Victor sebenarnya sempat menanyakan kondisi silas untuk memastikan ia baik-baik saja. Di momen ini, Victor sudah mulai bisa memaafkan ayahnya.

*. Silas ternyata membantu menyamarkan aksi penyusupan Batman cs di pesawat Krypton guna membangkitkan Superman. Sejak kejadian ini, hubungan Victor dan ayahnya terus membaik.

*. Namun di saat Victor mulai berdamai dengan ayahnya, Silas mengorbankan nyawanya dengan memanaskan diri bersama Mother Box, hingga mencapai tingkat anomali karena saking panasnya. Anomali panas inilah yang memudahkan satelit Batman untuk mencari lokasi Mother Box terakhir yang telah direbut Steppenwolf.

*. Sejak kehilangan kedua orang tuanya, Victor jadi berani berbuat nekat karena ia tak punya apa-apa lagi. Akhirnya Victor berencana menghubungkan dirinya dengan ketiga Mother Box, agar ia bisa memutus koneksinya dari dalam. Padahal, aksi itu bisa membunuh Victor karena di dalam kotak ini ada kekuatan penghancur yang dahsyat.

*. Aquaman dan The Flash sebenarnya sangat kasihan melihat Victor. Bagaimana tidak, di saat Victor masih sedih kehilangan ayahnya, ia sudah rela mempertaruhkan nyawanya demi menyelamatkan dunia.

*. Pesawat Batman baru bisa terbang setelah diperbaiki Cyborg dengan teknologi super canggihnya.

4. Barry Allen/The Flash

*. Saat mau melamar pekerjaan sebagai perawat anjing, Barry tak sengaja berpapasan dengan Iris West, yang di komik adalah kekasih The Flash. Namun tak disangka, di film ini mereka ternyata masih belum saling mengenal.

*. Tak lama berselang, Barry melihat Iris akan ditabrak sebuah kendaraan. Begitu mengetahui kejadian ini, Barry langsung memanfaatkan kecepatan supernya untuk menyelamatkan Iris. Sayangnya, setelah berhasil menyelamatkan Iris, Barry buru-buru pergi tanpa memperkenalkan diri. Kelihatannya, Barry begini karena ia sangat grogi saat dekat dengan Iris.

*. Saat mengunjungi Henry Allen yang berada di penjara, Barry mendapatkan nasehat dari sang ayah. Disini Henry meminta anaknya berhenti membuktikan ia tak membunuh sang istri, dan menyuruh Barry untuk fokus pada kehidupannya. Dari penuturan ini, Henry akhirnya menasihati Barry agar tak terbelenggu oleh masa lalu dan mulai menciptakan masa depannya sendiri.

*. Saat ikut berjuang menghentikan aksi penculikan Steppenwolf, The Flash ternyata sempat memandu para korban untuk keluar dari TKP. Dan menariknya, di momen ini The Flash bersikap lebih berani daripada di versi bioskop.

*. Tidak ada adegan nakal dimana The Flash tak sengaja menindih tubuh Wonder Woman, saat ia menolong Wonder Woman yang jatuh dari ketinggian. Yang ada, kedua superhero ini mendarat dengan lancar.

*. Sambil menggali makam Superman bersama Victor, Barry bertanya-tanya apakah Wonder Woman pernah berkencan dengan pria muda seperti Barry. Cyborg akhirnya menjawab, kini Wonder Woman sudah berusia 5000 tahun, sehingga siapapun pria yang jadi pasangan kencannya pasti berusia lebih muda.

5. Diana Prince/Wonder Woman

*. Usai menggagalkan aksi pengeboman di tempat umum, Diana sempat memberikan motivasi inspiratif kepada seorang gadis kecil. Sambil tersenyum manis, Diana mendukung gadis ini untuk mewujudkan cita-citanya.

*. Setelah mengambil anak panah peringatan dari bangsa Amazon, Diana menggunakannya untuk membuka ruang rahasia di kuil peninggalan bangsa Amazon. Disini Diana melihat relief yang menggambarkan serangan darkseid di bumi yang terjadi pada ribuan tahun silam.

*. Dalam relief itu, Darkseid terlihat berusaha menaklukkan bumi dengan kekuatan Mother Box, sebelum aksinya digagalkan aliansi pelindung bumi yang beranggotakan Amazon, Atlantean dan manusia. Diana lalu menceritakan relief ini kepada Bruce Wayne. Di saat itulah, mereka menyadari hubungan Steppenwolf dan Darkseid, yang sama-sama berasal dari planet Apokolips.

*. Percaya atau tidak, Diana sempat diajari Alfred cara membuat teh yang baik dan benar. (Haha)

6. Mother Box

 

*. Sedikit penjelasan, Mother Box adalah mesin alien super canggih yang diciptakan oleh New Gods (ras alien humanoid penghuni planet Apokolips seperti Steppenwolf dan Darkseid). Mother Box punya kekuatan dahsyat untuk menghancurkan dan membangun ulang dunia sesuai keinginan penggunanya.

*. Rupanya Darkseid mau menggunakan Mother Box miliknya untuk menaklukkan bumi dan mengubahnya menjadi planet Apokolips. Setelah Darkseid gagal, giliran steppenwolf yang melanjutkan usahanya.

*. Saat dulu aliansi pelindung bumi berperang melawan Darkseid, ternyata dewa Zeus dan dewa Ares juga ikut membantu. Bahkan dewa Zeus menggagalkan penyatuan Mother Box hanya dengan serangan petirnya. Dan lewat kerjasama dengan Ares (villain di film pertama Wonder Woman), Zeus berhasil membuat Darkseid terluka parah, hingga ia dan armadanya terpaksa mundur dan meninggalkan ketiga Mother Box di bumi.

*. Sebelum ia gugur bersama Doomsday, Superman sempat mengeluarkan teriakan super keras yang menggema sampai ke seluruh dunia. Dan usut punya usut, teriakan ini mengaktifkan ketiga Mother Box untuk sesaat.

*. Terus kenapa Mother Box bisa aktif gara-gara teriakan Superman? Jawabannya sederhana, karena Mother Box merespon teknologi atau unsur berbau alien. Dan kebetulan, Superman adalah keturunan alien. Anyway, aktifnya Mother Box inilah yang memancing kedatangan Steppenwolf dan pasukan Parademon di bumi.

*. Menariknya, Mother Box ternyata sempat aktif saat pertama digunakan Silas Stone untuk meneliti pesawat Krypton, dan juga saat Silas menciptakan tubuh robot untuk Victor. Meski mengetahui hal ini, Steppenwolf tak mau datang ke bumi karena saat itu Superman masih hidup. Ya, ternyata Steppenwolf takut pada Superman. Sehingga ia baru berani ke bumi saat Superman telah tewas.

*. Menurut informasi Victor, Mother Box milik manusia sempat dipegang Nazi, sebelum berpindah tangan ke Sekutu dan Pentagon. Kotak ini akhirnya baru bisa digunakan saat STAR Labs meneliti pesawat Krypton.

7. Steppenwolf

perbedaan justice league snyder cut

*. Di film ini, Steppenwolf diasingkan dari planet Apokolips karena melakukan pengkhianatan serius pada darkseid.

*. Pengkhianatan ini terjadi saat Steppenwolf menghabisi mereka yang ingin merebut tahta Darkseid sebagai pemimpin tertinggi Apokolips. Nah loh, terus kenapa Steppenwolf disebut pengkhianat padahal ia berusaha melindungi posisi Darkseid? Sederhana, karena Steppenwolf membunuh mereka tanpa izin Darkseid.

*. Menurut DeSaad sang penasehat setia Darkseid, Steppenwolf harus menaklukkan 50,000 dunia lagi, ia jika ingin menebus kesalahannya dan diizinkan kembali ke Apokolips. Gila banget ya hukumannya?

*. Sebelum berhasil merebut Mother Box pertama di Themiscyra, Steppenwolf sebenarnya menghadapi perlawanan Amazon yang lebih sengit dari versi bioskop. Di momen inilah, Steppenwolf akhirnya unjuk gigi sebagai sebagai villain tangguh dan sadis.

*. Steppenwolf ternyata memiliki alat pengungkap kebenaran seperti tali lasso Wonder Woman. Bedanya, alat Steppenwolf berwujud laba-laba robotik. Akhirnya saat menculik prajurit Atlantis, Steppenwolf memakai alat ini untuk mengungkap lokasi benteng Atlantis yang menyimpan Mother Box kedua.

*. Saat menyerang benteng Atlantis, Steppenwolf ternyata sempat menerima serangan mematikan dari Mera. Namun pada akhirnya, Steppenwolf bisa bertahan dan bahkan membuat Mera terpojok. Kalau saat itu Aquaman datang terlambat, maka bisa jadi Mera tewas di tangan Steppenwolf.

*. Steppenwolf ternyata punya alasan kuat kenapa ia mau menyatukan Mother Box di reaktor nuklir di kota Pozharnov. Karena lingkungan kota ini beracun, maka itu menjadi lokasi yang ideal untuk menyatukan ketiga Mother Box. Dan berbeda dengan versi bioskop, kota ini sama sekali tak berpenghuni karena dulu pernah terjadi insiden nuklir.

8. Lois Lane

*. Setelah Superman tewas, sang ibu Martha Kent sering berziarah ke makam anaknya. Di lain pihak, Lois sesekali mengunjungi monumen Superman untuk mengenang sang kekasih.

*. Berbeda dengan Martha, Lois lebih terpukul dengan kematian Superman. Bahkan ia sampai vakum jadi reporter karena duka yang mendalam.

*. Selama masa vakum ini, Lois mendapati dirinya positif hamil anak superman.

*. Suatu hari Martha mengunjungi rumah Lois dan mereka saling curhat akan kematian superman. Di momen ini, Martha menasehati Lois agar mau melanjutkan hidupnya dan mengikhlaskan kepergian Superman.

9. Clark Kent/Superman

Justice League Snyder Cut

*. Tidak ada adegan rekaman video Superman berbincang dengan bocah.

*. Tidak ada adegan perdebatan Batman cs soal membangkitan superman dengan Mother Box. Yang ada, mereka yakin Superman akan bangkit jadi sosok mereka kenal, dan hanya Aquaman saja yang menentang rencana ini.

*. Saat baru bangkit dan masih lupa ingatan, Superman sebenarnya tak hanya menyerang Wonder Woman, Aquaman, The Flash dan Cyborg. Tetapi juga menyerang Tentara dan Batman. Bahkan Superman juga melancarkan serangan laser pada Batman. Untungnya, Batman bisa menahan serangan ini dengan sarung tangan khususnya sebelum Lois datang dan berhasil memulihkan ingatan Superman.

*. Setelah ingatannya pulih, Clark bersama Lois mendatangi Smallville, yang tak lain kampung halaman Clark. Sambil menikmati suasana yang damai, Clark sangat bersyukur bisa hidup kembali dan ia berjanji takkan menyia-nyiakan kesempatan kedua ini.

*. Sebelum pergi membantu Batman cs, ternyata Clark sempat meminta izin ibunya untuk kembali menyelamatkan dunia. Meskipun kelihatannya sederhana, momen ini sangat menyentuh hati.

*. Clark mengambil kostum hitam Superman di pesawat Krypton yang diteliti STAR Labs. Nah sebelum mengambil kostum barunya, Clark sempat mengenang semua nasihat bijak dari orang tuanya. Karena nasihat ini, Clark jadi makin mantap untuk jadi pahlawan dan simbol harapan bagi umat manusia.

*. Clark bisa tahu lokasi penyatuan Mother Box berkat informasi dari Alfred. Informasi inilah yang membuat Clark bisa datang membantu Batman cs di saat yang tepat.

10. Pertarungan Puncak di Pozharnov

perbedaan justice league snyder cut

*. Sebelum pertempuran ini dimulai, ternyata sempat ada momen pembagian tugas dalam tim Batman. Sedikit penjelasan, Batman tugasnya menghancurkan perisai pelindung markas Steppenwolf, sehingga nantinya tim bisa merangsek masuk. Wonder Woman dan Aquaman tugasnya membasmi Parademon yang menghalangi tim. Lalu The Flash bertugas menciptakan muatan listrik yang cukup dahsyat untuk membantu Cyborg memisahkan Mother Box.

*. Berbeda dengan versi bioskop, pertarungan epik ini berlangsung di malam hari hingga pagi hari.

*. Saat tengah berlari kencang untuk menciptakan muatan listrik, ternyata The Flash sempat kena tembak Parademon hingga langkahnya terhenti. Akibat insiden ini, Cyborg gagal memisahkan Mother Box.

*. Teringat nasihat ayahnya untuk menciptakan masa depannya sendiri, The Flash akhirnya bangkit dan melakukan time travel demi memperbaiki kegagalan. Aksi The Flash ini akhirnya kembali memberi Cyborg kesempatan kedua untuk memisahkan Mother Box.

*. Ternyata Cyborg kesulitan memisahkan Mother Box sendirian. Perjuangan ini akhirnya baru berhasil setelah Superman ikut memisahkan Mother Box.

*. Di versi bioskop, Steppenwolf kehilangan senjatanya (akibat serangan kombinasi Wonder Woman dan Superman), lalu ia ketakutan dan jadi santapan empuk pasukan Parademon. Namun di snyder cut, kekalahan Steppenwolf sangat berbeda. Sebagai permulaan, Superman menghancurkan senjata Steppenwolf dan langsung menghajarnya habis-habisan dengan kombinasi serangan pukulan dahsyat dan laser.

*. Di saat steppenwolf masih kelimpungan, Aquaman langsung menusuknya dengan tongkat trisula. Superman akhirnya meninju Steppenwolf sampai terpental, dan di saat itulah, Wonder Woman dengan sigap memenggal kepala Steppenwolf.

*. Kepala villain ini akhirnya menggelinding ke markas Darkseid melalui portal, yang tak sengaja terbuka saat Cyborg berusaha memisahkan Mother Box. Begitulah kronologi kekalahan Steppenwolf di Snyder Cut yang mengenaskan, dan kemenangan Justice League yang sangar.

11. Darkseid

perbedaan justice league snyder cut

*. Darkseid akhirnya mengijinkan Steppenwolf kembali ke Apokolips, asalkan Steppenwolf berhasil menaklukkan bumi. Ternyata Darkseid meringankan hukuman, usai Steppenwolf memastikan bahwa Anti-Life Equation tersembunyi di planet bumi.

*. Anti-Life adalah senjata pamungkas yang selama ini dicari Darkseid. Bahkan demi menemukan senjata ini, Darkseid sampai berkelana di alam semesta dan menghancurkan ratusan ribu dunia. Anti-Life punya kemampuan untuk mengontrol semua kehidupan dan kehendak di berbagai alam semesta. Atau bisa dibilang, senjata pamungkas ini menjangkau multiverse.

*. Darkseid menuntut Steppenwolf harus berhasil menaklukkan bumi, agar penguasa Apokolips ini bisa mencari Anti-Life dengan leluasa.

*. Setelah mendapati Steppenwolf gagal dan Mother Box telah dihancurkan Justice League, Darkseid akan mencari Anti-Life di bumi dengan “cara lama”. Yang artinya, demi menemukan Anti-Life, Darkseid siap menaklukkan atau menghancurkan bumi dengan kekuatan dahsyatnya dan armada besar pimpinannya.

12. Martian Manhunter

perbedaan justice league snyder cut

*. Masih ingat momen Martha menasehati Lois agar mau kembali melanjutkan hidupnya? Nah ternyata, Martha yang itu adalah Martian Manhunter yang sedang menyamar.

*. Yang tak kalah mengejutkan, selama ini Martian menyamar jadi General Swanwick, yang berteman dengan Superman dan Lois sejak film man of steel. Di komiknya, Martian Manhunter adalah superhero luar angkasa yang jadi anggota Justice League.

*. Setelah perang melawan Steppenwolf berakhir, Martian sempat mendatangi rumah Bruce Wayne untuk memberi tahu, bahwa ia siap membantu Justice League menghadapi serangan Darkseid.

*. Di pertemuan yang sama, Martian mengucapkan selamat pada Bruce atas keberhasilannya menyatukan para superhero. Bahkan Martian juga menyatakan, almarhum orang tua Bruce pasti bangga melihat keberhasilan anaknya.

13. Knightmare

*. Saat berusaha mengaktifkan Mother Box, Cyborg sempat mendapatkan gambaran akan masa depan yang penuh kehancuran. Di masa ini, Darkseid telah membunuh Aquaman, sedangkan Wonder Woman telah gugur. Di lain pihak, Superman berubah jadi jahat setelah ia sangat frustrasi karena kehilangan Lois Lane. Ada kemungkinan juga, Superman berubah karena dipengaruhi Darkseid.

*. Selanjutnya, giliran Bruce Wayne yang mendapatkan gambaran masa depan suram lewat mimpi (yang menurutnya lebih seperti pertanda). Melanjutkan pertanda yang diperoleh Cyborg, di masa ini Batman membentuk tim Justice League dengan formasi baru. Anggotanya meliputi Batman, The Flash, Cyborg, Mera dan antihero Deathstroke. Bahkan Batman juga mengajak Joker bekerjasama karena mereka sepakat untuk gencatan senjata.

*. Pertanda ini berakhir dengan Batman cs menghadapi serangan kejutan dari Superman. Benar-benar menggantung.

perbedaan justice league snyder cut

Well, itulah tadi daftar perbedaan Justice League Snyder Cut dan versi bioskop.

Bak pepatah lain ladang lain belalang, Justice League menjelma jadi film yang sangat berbeda di bawah arahan Snyder dan Whedon. Kalau versi Whedon lebih mengarah ke film superhero ringan yang mudah dilupakan, maka versi Snyder lebih seperti film superhero epik yang meninggalkan kesan kuat.

Bagaimana menurut kalian tentang perbedaan antara Justice League Snyder Cut dan versi bioskop?


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Nova

Penyuka karakter antihero, dunia futuristik dan musik Taylor Swift.

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals