Provinsi Jawa Timur Merupakan gugusan terakhir dari Kepulauan Jawa yang juga mengapit beberapa pulau mulai dari Madura bbrp gugusan pulau kecil yg tersebar di Probolinggo seperti Gili Ketapang, bawean Gresik, dan beberapa gugusan yang ada di samudra Hindia hingga penjuru Banyuwangi. Apa pantai terbaik di Jawa Timur?

Sudah bukan rahasia lagi kalau Jawa Timur juga merupakan Provinsi dengan wilayah paling luas diantara 6 provinsi lainnya jadi tidak mengherankan jika provinsi ini memiliki keunggulan dalam potensi pariwisata yang mumpuni mulai dari gunung, pantai, goa, hingga air terjun.

Pada kesempatan kali ini di Yunoya Travel Series saya akan membawa anda menikmati ulasan tentang wisata bahari yang menarik di berbagai wilayah Jatim yang sudah teruji mampu menarik minat para wisatawan mulai dari lokal maupun mancanegara dalam Tajuk : 5 Wisata Pantai Terbaik Jawa Timur, langsung aja yuk kita bedah beberapa list di bawah ini.

5. Pantai Plengkung Banyuwangi


Lokasi : Kalipait, tegaldlimo kabupaten bayuwangi 

List pembuka diawali dengan pantai plengkung yang merupakan wilayah di ujung timur pulau jawa yang menjadi bagian dari wisata  taman nasional alas purwo di Banyuwangi dan juga dikenal dengan nama G-Land. Nama tersebut mengacu pada beberapa preferensi menarik yang tersebar di kalangan masyarakat sekitar.

Pertama asal muasal kata G merujuk pada grajagan yang juga bisa berarti Teluk. Kedua, G juga bisa diartikan lewat bentuk pulau nya yang melengkung menyerupai huruf abjad tersebut jika kita melihatnya dari ketinggian. Makna lain juga bisa kita temukan dari kata plengkung yang berarti lengkungan.

Pantai Plengkung juga masih terbilang bersih dan alami karena wilayahnya masih ditutupi oleh hutan yang mengelilinginya .

 Plengkung menjadi bukti nyata kalau wisata lokal bisa bersaing di kancah internasional

Pantai plengkung juga dinobatkan sebagai pantai dengan ombak terfavorit bagi para peselancar. Tidak main main, prestasi tersebut sudah masuk dalam kancah internasional loh lewat acara bertajuk  World Surf League atau liga peselancar dunia yang dihelat 4-14 Juni 2020 silam.

Ombak besar nan unik ini berasal dari adanya sistem tekanan rendah dari arah Antartika. Hal lain yang membuat pantai plengkung memiliki ombak yang unik yakni tata letak pantai yang berada di sisi timur, sehingga memiliki ombak yang lebih dominan dan berbentuk memanjang serta berkecepatan tinggi yang membentuk tabung ombak sempurna.

Pantai plengkung dapat diakses ketika kita masuk ke kawasan wisata alas purwo dan karena sudah satu paket harga tiketnya pun tergolong murah.

Hanya dengan merogoh kocek 5000 saja tapi ingat sebelum nya anda harus masuk di alas purwo dulu dan melewati rute dengan cara menyeberang melewati teluk grajagan menggunakan kapal boat yang sudah tersedia atau melalui jalur darat dengan menggunakan mobil penjaga dan anda akan dikenakan biaya sekitar 150rb

Jangan khawatir jika kamu belum merasa puas dengan jalan jalan sehari saja karena di sekitar lokasi akomodasi yang ada sudah cukup memadai. Mulai dari penginapan, resto dan hotel semua sudah tersedia di sini

4. Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Lokasi :  Area perkebunan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung 

Harus diakui Tulungagung tergolong kurang populer dalam segi pariwisata seperti kota yang lain di Jawa Timur. Namun jangan salah, Tulungagung ternyata memendam potensi wisata khususnya Bahari yang tidak kalah unik dan menarik dan patut menjadi bahan referensi buat anda.

Kedung Tumpang pantai yang terletak di wilayah perkebunan daerah pucanglaban Kabupaten Tulungagung ini sempat ramai dibicarakan khalayak khususnya turis lokal karena keindahan dan lokasinya yang benar benar instagramable

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata khas pantai selatan di Tulungagung yang tergolong masih fresh dan juga memiliki keistimewaan tersendiri apa sajakah itu???

  • Karang Terjal nan Eksotis

Yup Kedung Tumpang ini sarat dengan karang  Terjal yang berpadu dengan bebatuan yang membentuk tebing curam di sekelilingnya menciptakan kesan yang menantang apabila kita mengunjunginya. Tapi hati-hati ya.

  • kolam renang alami

Kamu gak salah baca, salah satu keunikan pantai Kedung tumpang yang lainnya adalah fenomena alam yang cukup jarang sekali ditemukan di tempat lain yaitu  Kolam renang alami yang terbentuk dari karang di sana.

  • Dilarang Membawa Buah Jeruk

Oke, sekali lagi kamu nggak salah baca ini adalah salah satu pantangan ketika kita pergi ke sana karena budaya masyarakat setempat yang masih meyakini bahwa apabila kita melanggar pantangan tersebut dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ombak besar.

Karena masih tergolong sebagai wisata baru hingga saat ini pantai Kedung Tumpang hanya mematok harga untuk parkir kendaraan saja yaitu sekitar 5000 rupiah.

Akses nya pun yang masih cukup sulit untuk dilalui maka hanya ada 2 alternatif cara yang bisa anda tempuh : dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer dari lokasi parkir atau menggunakan sepeda motor yang sedikit lebih leluasa jadi persiapkan fisik yang kuat dan alas kaki yang cukup tangguh untuk melindungi kaki kamu ketika bereksplorasi di sekitar karang.

3. Pantai Klayar Pacitan


Lokasi : Kalak Sendang Donorejo, Kabupaten Pacitan 

Satu lagi pantai legendaris yang pamornya mampu bersaing ketat dengan Parangtritis Jogjakarta. Nama pantai Klayar kian hari semakin bersinar semenjak dipopulerkan lewat lagu dengan judul serupa yang dinyanyikan oleh Maestro Campursari legendaris Almarhum Didi Kempot.

Pantai Klayar merupakan salah satu rangkaian pantai selatan di Jawa Timur yang terletak sekitar 40 km sebelah barat dari kota Pacitan.

Bentuk Geografisnya berupa pantai pasir putih yang dipadukan dengan gugusan batu karang yang indah serta tebing batu yang mengelilinginya menambah kesan magis yang menarik setiap pasang mata yang memandang.

Salah satu Fenomena unik yang ada di Klayar yakni celah batu karangnya yang mampu mengeluarkan bunyi seperti seruling dan menyemburkan air mancur raksasa hingga mencapai ketinggian 10m oleh karena itu masyarakat sering menyebutnya sebagai seruling laut.

Harus diingat bahwa pantai klayar merupakan tipikal pantai yang tidak memperbolehkan pengunjung untuk berenang dikarenakan karakter ombaknya yang mematikan tapi jangan berkecil hati dulu karena masih banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat kesini :

  • Kamu bisa berkeliling sepanjang bibir pantai dengan ATV yang telah disediakan
  • Menikmati seruling samudra ala Klayar di waktu waktu tertentu bersama pengawas antara jam 09.00-16.00
  • Hal kecil namun berharga bisa kamu rasakan dengan melihat keseharian warga memanjat pohon kelapa guna diproses menjadi bahan baku gula merah khas tempat ini, hitung hitung dapat pengalaman
  • Fasilitas yang sudah komplit All in one mulai dari Akomodasi penginapan warung makan hingga tempat membeli oleh oleh.

 2. Pantai Balekambang

Lokasi: Dusun SumberJambe Srigonco, Kabupaten Malang 

List terfavorit saya di rubrik kali ini ada di urutan kedua. Pantai Balekambang yang terletak 60 km dari arah pusat kota Malang. Pantai ini juga disebut sebagai tanah lotnya Jawa Timur karena kemiripan nya dengan tempat aslinya yang ada di Bali tersebut yang tentunya sudah tersohor lebih dulu kok bisa?

Nanti akan saya jelaskan lebih lanjut. Kendati demikian sejak 1985 Balekambang masih mempertahankan ciri khas nya sebagai pantai perawan yang masih bebas dari sampah dan kotoran menjadikannya sebagai pantai dengan suasana asri yang nyaman dikunjungi.

Berikut ini beberapa ritual wajib yang bisa bikin liburanmu di Balekambang jadi lebih seru!

  • Camping

Ketika kamu ke Balekambang rasanya sah saja kalau sekali kali mencoba berkemah atau camping di sini karena ketika malam hari kita bisa merasakan ambience yang begitu mengagumkan dari deburan ombak apalagi ditambah dengan acara api unggun dan alunan musik yang bakalan membuat suasana ala muda Mudi jadi tambah berkesan. Tapi ingat carilah lokasi yang jauh dari bibir pantai dan selalu jaga kebersihan ya.

  • Berenang

Balekambang juga cukup asik loh untuk berenang karena karakter pantai nya yang tergolong tenang, tapi ingat selalu waspada dan mematuhi beberapa rule yang ada dari petugas ya supaya aktivitas renang yang kamu lakukan tetap aman.

  • Mengunjungi pulau sekitar (ismoyo, Anoman, Wisanggeni)

Pura yang menjadikan suasana Balekambang seperti di Tanah lot

Inilah aktivitas paling keren pantai Balekambang yaitu mengunjungi beberapa pulau kecil yang ada di sana. Salah satu pulau yang paling dekat sekaligus paling terkenal yaitu Pulau ismoyo yang menjadikan Balekambang dijuluki sebagai kembaran tanah lot karena beberapa kemiripan diantaranya bentuk pulau dan adanya pura bernama Amarta Jati.

Pura tersebut juga merupakan pura yang masih aktif sebagai tempat peribadatan bagi umat Hindu yang akan digunakan tempat sembahyang ketika hari raya Nyepi. Oleh karena itu ketika berkunjung kesini harap memperhatikan adat istiadat terutama bagi para pengunjung wanita yang sedang datang bulan karena ada larangan untuk mengunjungi dan masuk ke dalam Pura.

  • Akomodasinya??

Dengan biaya sekitar 150 ribu rupiah saja kamu sudah bisa masuk ke area wisata pantai Balekambang. Penginapan di sini pun sudah cukup banyak dan bisa dipilih sesuai dengan budget. Tapi rata rata tarif nya akan dipatok sekitar 150 ribu rupiah saja kok.

1. Pantai Papuma Jember

Lokasi : Dusun  Wuluhan Lojejer, Kabupaten  Jember 

List puncak yang akan menutup keseluruhan rubrik saya pada artikel ini adalah pantai papuma Jember  yang merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan yang juga merupakan salah satu rangkaian pantai selatan di Jawa Timur yang terletak di Kabupaten Jember.

Meskipun masih tergolong pantai selatan namun pantai ini termasuk dalam kategori aman untuk berenang dengan memperhatikan aspek tertentu pastinya. Hal lain yang membuatnya spesial yaitu tipikal Geografisnya yang tak lain merupakan tipe wisata tanjung di mana karakter pantai selatan pada umumnya adalah wisata teluk.

Seperti halnya pantai selatan pantai Papuma juga memiliki gugusan karang dan menariknya lagi disini ada sekitar 6 karang  besar yang tersebar dan memiliki nama tersendiri. Nama tersebut berasal dari sebutan masyarakat yang sudah turun temurun dibicarakan sejak dulu.

Nama karang atau yang lebih sering disebut pulau yaitu :  Pulau Krishna, Pulau Batara Guru, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, pulau Kajang, dan ke-6 pulau kodok dan 1 batu karang yang tak bernama karena alasan mistis. Sebenarnya apa saja hal menarik yang bisa kita peroleh dari pantai papuma ini? Yuk kita simak di mini topic di bawah

  • Pantai yang sarat akan mitos di beberapa tempatnya

Berbicara mengenai papuma dan beberapa pantai di sekitarnya tak lengkap jika tidak membahas tentang kumpulan mitos yang merebak di kalangan masyarakat sekitar.

Hal ini mungkin bisa dimaklumi karena adanya beberapa insiden yang sering terjadi secara kebetulan dan dikaitkan dengan beberapa hal yang diyakini oleh penduduk setempat. Mitos tersebut antara lain:

  • Dilarang memakai baju hijau karena berkaitan dengan kepercayaan akan wilayah kekuasaan nyi Roro Kidul yang diyakini apabila dilanggar akan terjadi malapetaka.
  • Mitos pulau ular yang merupakan salah satu rangkaian karang yang sudah saya sebutkan diatas dimana masyarakat setempat amat sangat menghindari pulau Karang tersebut dikarenakan adanya banyak ular berbisa.
  • Mitos batu Malikan yang sekaligus menjadi asal usul nama tempat wisata ini dimana konon dahulu kala seorang Raden  bernama Mursada dan Mursaud (atau Marsudo dan Joko Samudera menurut versi cerita yang lain) memancing. Di atas batu itulah Marsudo atau Mursada tak sengaja memancing ikan ajaib Raja Mina yang kemudian ia lepaskan. Dan di situ pula kail Joko Samudera atau Mursaud tersangkut ular raksasa yang kemudian dibelah menjadi tiga bagian oleh Marsudo dengan cemeti pemberian Raja Mina.

Terlepas dari segala mitos yang ada pantai papuma sebenarnya buat saya pribadi merupakan salah satu pantai Eksotis yang indah dan nyaman untuk dikunjungi.

Tarifnya pun tergolong bersahabat buat kita kita dimana pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 7.000. Sedangkan di hari libur, pengunjung dikenakan tiket Rp.15.000. Untuk tarif parkir hanya Rp. 1000, untuk roda dua, Rp. 6000, untuk roda 4. 6000 (mobil) Rp. 10000 (bus).

Beberapa kegiatan liburan menarik seperti berkemah, berenang di sekitar lokasi, berfoto bersama keluarga, diving dan menjelajahi pantai dengan perahu tradisional bisa kamu lakukan dengan leluasa.

Satu hal lagi yang jarang ada di tempat wisata sejenis adalah fasilitas wisata edukasi seperti penelitian kopi dan kakao di desa Nogosari yang bisa kamu akses dengan jarak tempuh sekitar 30 km dari lokasi.

Nah itu tadi serangkaian ulasan menarik dari saya mengenai wisata pantai terbaik di Jawa Timur semoga setelah membaca artikel ini kamu punya insight yang lebih banyak dan juga rekomendasi beragam ketika mengunjungi provinsi kesayangan saya ini.

Silahkan tinggalkan komentar atau kesan kamu di bawah dari 5 pantai terbaik di Jawa Timur ini dan sampai jumpa di edisi Travel series berikutnya.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Julianto

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals