Belajar bahasa Jepang termasuk bahasa yang sulit untuk dipelajari. Misalnya dari cara penulisannya saja, bahasa Jepang menggunakan tiga cara penulisan, yakni hiragana, katakana, dan kanji. Hiragana dan katakana mungkin masih terbilang cukup mudah, namun untuk kanji rasanya ogah-ogahan saat mulai mempelajarinya.

Tidak cukup sampai di sana saja, bahasa Jepang juga memiliki jenis bahasa, yakni bahasa yang meninggikan lawan bicara (keigo) dan bahasa yang merendakahkan diri sendiri (kenjougo). Biasanya hal ini digunakan dalam ruang lingkup pekerjaan. Jenis bahasa ini juga cukup rumit untuk dipelajari bagi pelajar asing.

Itulah beberapa hal yang membuat bahasa Jepang sulit untuk dipelajari. Kendati demikian, bahasa Jepang tetap memiliki daya tariknya tersendiri loh. Oleh sebab itulah, sampai dengan saat ini masih saja ada orang yang mempelajari bahasa Jepang, bahkan sampai tingkat perguruan tinggi.

Lalu, bagaimana sih caranya agar tetap semangat belajar bahasa Jepang? Nah, berikut ini beberapa tips atau cara asik belajar bahasa Jepang agar tidak membosankan.

1. Menonton Anime atau Drama Jepang

one punch man

Mayoritas orang yang belajar bahasa Jepang adalah mereka yang suka dengan anime atau drama Jepang. Maka dari itu, memilih media belajar dari hal yang kita sukai merupakan salah satu cara asik agar belajar jadi tidak membosankan.

Menonton anime atau drama, bukan hanya dijadikan sebagai hiburan semata, namun juga media untuk belajar bahasa Jepang. Misalnya dengan mencatat kosakata baru yang didengar dari anime atau drama tersebut.

Selain itu, dengan menonton anime/drama kita bisa mengetahui kebiasaan atau kebudayaan Jepang juga. Misalnya setelah menonton anime/drama tentang sekolah, kita jadi tahu kebiasaan pelajar di Jepang itu seperti apa, tentang bagaimana mereka belajar atau bagaimana mereka menghabiskan waktu liburannya.

Biasanya, di anime atau drama kan ada scene tentang festival atau matsuri. Misalnya festival musim panas atau natsu matsuri, dari anime atau drama kita bisa mengetahui bagaimana festival musim panas tersebut dilakukan.

2. Mendengarkan Podcast Bahasa Jepang

belajar bahasa jepang

Mendengarkan podcast berbahasa Jepang akan melatih pendengaran kita agar terbiasa dengan bahasa Jepang. Hal ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang masih lemah dalam mendengarkan bahasa Jepang.

Saat ini sudah banyak kanal-kanal podcast berbahasa Jepang yang bisa didengarkan oleh pemula. Dalam artian, bahasa Jepang yang digunakan pun masih terbilang cukup mudah untuk dipahami oleh pelajar asing yang sedang mempelajari bahasa Jepang.

Selain itu, speed yang digunakan dalam berbicara pun disesuaikan juga loh, tentunya ini akan semakin mempermudah kita untuk mendengarkan atau menyimak podcast. 

Berikut ini beberapa kanal podcast bahasa Jepang yang cocok untuk didengarkan pemula, antara lain:

  • Nihongo con Teppei
  • Learn Japanese w/Manga Sensei
  • Let’s Learn Japanese from Small Talk
  • NHK World
  • Let’s Talk in Japanese
  • Bilingual News

3. Membaca Manga

Dengan membaca manga atau komik bahasa Jepang, kita bisa menambah kosakata baru. Selain itu, bukan hanya kosakata baru, kita juga bisa mengetahui kanji baru dari manga yang kita baca.

Jangan khawatir jika masih belum bisa membaca, karena biasanya selalu ada furigana atau hiragana untuk menyatakan cara baca kanji di dalam manga. 

Membaca manga bisa dijadikan sebagai cara untuk menambah kanji baru. Kita juga bisa menuliskan kembali kanji baru yang ditemukan ketika membaca manga di buku catatan agar bisa dipelajari di kemudian hari.

Itulah beberapa cara asik yang bisa dilakukan agar belajar bahasa Jepang terasa lebih menyenangkan. Sesuaikan dengan hal kesukaanmu agar belajar bahasa Jepang tidak membosankan.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Megita Rubi

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals