Anime Moriarty the Patriot mengawali debutnya pada Oktober 2020 dan jadi salah satu judul terbaik di tahun itu. Sayangnya meski season kedua sudah mulai tayang awal April 2021, anime garapan Production I.G (Psycho Pass) masih tergolong kurang populer.

Diadaptasi dari manga berjudul sama, anime Moriarty the Patriot mengusung tokoh utama William James Moriarty, yang merupakan karakter penting di kisah detektif ikonik Sherlock Holmes. Dengan memadukan genre thriller dan misteri, anime ini menyuguhkan cerita berkualitas yang penuh ambiguitas moral.

Untuk itulah, Moriarty the Patriot wajib ditonton penyuka anime, khususnya buat kalian yang penggemar Death Note. Kalau masih kurang yakin, simak nih beberapa alasan menarik kenapa kalian wajib nonton Moriarty the Patriot.

William James Moriarty, Karakter Antihero yang Kompleks

anime moriarty the patriot

Melihat sifat dan tindak-tanduk Moriarty, saya langsung teringat pada dua sosok antihero ikonik di jagat anime. Yap, siapa lagi kalau bukan Yagami Light (Death Note) dan Lelouch Lamperouge (Code Geass). Di sisi lain, Moriarty juga mengingatkan saya pada sosok Makishima Shougo (antagonis Psycho Pass season pertama).

Tak bisa dipungkiri, keempat karakter ini punya satu kesamaan. Mereka jenius, kharismatik, dingin, licik, pandai bersilat lidah, jago bersandiwara dan ahli merancang strategi. Mereka semua juga berambisi memperbaiki dunia yang kacau lewat cara ekstrim alias jahat. Hal inilah yang kemudian menjadikan mereka sosok antihero, karena mereka tidak sepenuhnya jahat namun juga tak bisa dikatakan baik.

Nah, khusus untuk Moriarty, aksi pemuda Inggris ini dilatarbelakangi oleh penderitaannya semasa kecil. Sebagai anak yatim piatu dari kalangan bawah, Moriarty kerap jadi korban penindasan kalangan atas, yang dalam hal ini adalah bangsawan. Dan mirisnya, penindasan kalangan bawah ini marak terjadi akibat sistem kasta sosial di Inggris abad ke-19, yang hanya menguntungkan kaum bangsawan dan kalangan atas lainnya.

Berangkat dari situasi yang memprihatinkan inilah, Moriarty bertekad mengubah sistem agar semua kalangan diperlakukan dengan adil dan setara.

Aksi Moriarty yang Cerdik dan Terorganisir

 

Satu hal yang menarik, Moriarty punya kemampuan analisa setajam detektif hingga ia dijuluki “Anti Sherlock Holmes”. Dalam artian, jika Holmes menggunakan kemampuan analisanya untuk mengusut tuntas kejahatan, maka Moriarty justru menggunakannya untuk melancarkan aksi kejahatan yang ia dalangi.

Terkait aksi Moriarty, ia dengan cerdik memilih orang kelas bawah yang ingin balas dendam pada bangsawan. Moriarty lalu memberi kesempatan orang pilihannya untuk menghabisi bangsawan yang mereka benci, lewat skenario pembunuhan yang dirancangnya dengan sangat rapi bak drama kriminal.

Kalau dari sudut pandang orang kelas bawah yang dipilih, Moriarty adalah sosok pahlawan yang menyelamatkan mereka dari kesengsaraan.  Bahkan di satu momen, tepatnya setelah misi pembunuhan bangsawan berhasil, Moriarty memberikan pekerjaan baru yang lebih layak agar orang pilihannya bisa hidup lebih baik.

Di lain pihak, Moriarty selalu menganggap orang pilihannya tak lebih dari pion yang ia gunakan untuk mencapai tujuan. Inilah yang membuat karakter Moriarty sangat menarik dan kompleks, karena ia bisa jadi sosok yang baik dan kejam di waktu bersamaan.

Kembali ke topik utama. Untuk melancarkan aksinya, Moriarty dibantu empat orang yang masing-masing punya keahliannya sendiri. Di bawah komando Moriarty, mereka dan si orang kelas bawah bergerak dengan terorganisir.

Moriarty pun yakin, semua aksi kejahatan yang ia rancang lambat laun akan menyadarkan rakyat Inggris tentang ketimpangan sosial di negeri ini. Kesadaran publik itulah yang hendak dimanfaatkan Moriarty untuk memicu perombakan sistem, agar nantinya semua orang bisa diperlakukan dengan adil dan setara.

Kehadiran Sherlock Holmes yang Menambah Keseruan

anime moriarty the patriot

Dalam sejarah novelnya, Moriarty adalah musuh bebuyutan Sherlock Holmes. Jadi wajar saja anime ini juga menampilkan Holmes yang sukses membuat suasana makin tegang, dramatis dan penuh kejutan.

Seperti Sherlock Holmes yang kita kenal, disini Holmes adalah sosok detektif jenius yang haus akan teka-teki. Sisi lain Holmes seperti gila rokok, suka minum, berbakat main biola dan gemar bereksperimen juga diperlihatkan disini. Adapun partner setia Holmes, dokter John Watson, juga turut unjuk gigi dengan jadi “kompas moral” bagi Holmes.

Uniknya, disini Holmes digambarkan sebagai tipikal jagoan anime yang ramah, santai, pandai mencairkan suasana dan enerjik. Namun jika sudah serius, ia bisa jadi kekuatan besar yang tak bisa dianggap enteng.

Perseteruan Moriarty vs Holmes Ibarat Yagami vs L

Di season pertama ini, Moriarty dan Holmes baru berkenalan dan menjadi teman. Namun di balik keakraban itu, sudah muncul benih konflik yang kelak menjadikan mereka musuh abadi. Benih konflik ini pun terus berkembang sejak Holmes mencurigai Moriarty jadi dalang kasus pembunuhan berantai bangsawan.

Di tengah hubungan mereka yang berjalan baik, Holmes selalu melontarkan pernyataan menjebak agar Moriarty terpancing mengakui kejahatannya. Namun di sisi lain, Moriarty selalu berhasil mematahkan kecurigaan Holmes dengan melempar jawaban yang netral.

Melihat interaksi Moriarty dan Holmes, saya langsung teringat oleh perang urat syaraf Yagami dan detektif L. Mungkin dari luar terlihat seperti teman baik, namun sebenarnya mereka saling curiga dan saling benci.

Kendati demikian, Moriarty rupanya menghormati Holmes meski ia tak suka dengannya. Dan yang sangat menarik, biarpun Moriarty memandang Holmes sebagai ancaman, Moriarty tak berniat menyingkirkan Holmes.

Alasannya, diam-diam Moriarty sudah menyiapkan “peran khusus” buat Holmes, yang dalam jangka panjang peran khusus itu justru memudahkan Moriarty untuk mewujudkan impiannya.

Nah, bagian gilanya, Holmes tak sadar kalau ia sedang jadi pionnya Moriarty. Jadi Moriarty ini memang sungguh luar biasa mampu mengakali detektif sehebat Holmes.

anime moriarty the patriot

Nah, itulah tadi beberapa alasan beberapa alasan menarik kenapa kalian wajib nonton Moriarty the Patriot.

Tentu saja, masih ada beragam hal menarik lainnya yang bakal bikin kalian kepincut saat menyaksikan anime ini secara lengkap. Dan kabar baiknya, kalian bisa menonton Moriarty the Patriot secara gratis dan legal di channel YouTube Muse Indonesia. Selamat menonton, guys!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Nova

Penyuka karakter antihero, dunia futuristik dan musik Taylor Swift.

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals