Shang-Chi saat ini sedang menarik untuk dibahas karena Marvel akhirnya memperlihatkan teaser trailer Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings, bagaimana kalau kita bahas fakta Shang-Chi di Marvel?

Tentu saja membahas fakta Shang-Chi di Marvel sama dengan memberikan kemungkinan sedikit spoiler untuk filmnya nanti. Tapi lebih baik kamu tahu lebih dahulu kan?

Jadi apa saja fakta Shang-Chi di Marvel? Yuk simak berikut ini!

1. Shang-Chi Dilatih dari Kecil untuk Jadi Pembunuh Andal!

fakta shang-chi di marvel

Di versi komik maupun di versi MCU, Shang-Chi sama-sama dilatih dari kecil oleh ayahnya yang merupakan seorang kriminal.

Kalau di komik dia dilatih oleh ayahnya yaitu Fu Manchu alias Zheng Zu, sedangkan di MCU ayahnya adalah The Mandarin pemimpin Ten Rings yang asli. Intinya sama, Shang-Chi dari kecil dilatih bela diri untuk menjadi pembunuh yang andal!

2. Salah Satu Pahlawan Marvel yang Ahli Bela Diri

fakta shang-chi di marvel

Dengan hadirnya Shang-Chi sepertinya MCU ingin masuk ke dunia pahlawan yang menggunakan bela diri sebagai kekuatan mereka, tentu termasuk Shang-Chi.

Dalam perjalanannya, Shang-Chi sering terlibat dengan pahlawan ahli bela diri lain seperti Iron Fist, Tarantula, White Tiger, Daredevil, dan banyak lainnya.

3. Shang-Chi Bertarung Salah Satunya untuk Melawan Ayahnya Sendiri!

fakta shang-chi di marvel

Seperti yang kamu lihat di poin pertama, ayahnya Shang-Chi adalah kriminal yang melatih Shang-Chi sejak kecil untuk jadi pembunuh yang andal, namun Shang-Chi tidak mau ikut dalam kejahatan seperti ayahnya.

Di versi MCU kita tahu kalau The Mandarin yang diperankan Tony Leung jelas jahat, karena itu ada dialog di mana Shang-Chi mengatakan kalau dia tidak akan pernah mengikuti jejak ayahnya sebagai kriminal, jadilah dia pahlawan.

4. Bela Diri Adalah “Kekuatan Super” Shang-Chi

fakta shang-chi di marvel

Lalu apa kekuatan Shang-Chi? Tentu kekuatannya adalah kemampuan bela diri yang sudah ia pelajari mungkin sejak ia lahir sampai dewasa.

Pada dasarnya tubuh Shang-Chi adalah manusia biasa, namun telah melewati latihan dan pertarungan panjang sehingga tubuhnya, kecepatan, kekuatan, dan gaya bertarungnya menjadi di atas manusia normal tanpa melewati proses eksperimen.

Salah satu teknik Shang-Chi yang keren adalah dia bisa membaca titik tekanan lawannya, sehingga dia bisa menyerang titik tersebut yang dampaknya berbeda tergantung titiknya mulai dari luka ringan, lumpuh, sampai bisa mati!

5. Shang-Chi Pernah Bergabung dengan Avengers

Tentu saja karakter kita satu ini juga pernah bergabung dengan kelompok pahlawan super ikonik di jagat Marvel, Avengers.

Momennya adalah saat Iron Man dan Captain America ingin memperluas kekuatan dan memperbanyak anggota Avengers mereka dengan merekrut pahlawan lain, Shang-Chi termasuk yang direkrut dan dia menerimanya. Bahkan Shang-Chi termasuk senang karena bisa menantang Captain America untuk duel.

6. Shang-Chi Pernah Jadi Gurunya Spider-Man!

fakta shang-chi di marvel

Ini salah satu fakta Shang-Chi yang menurut saya paling menarik yaitu Shang-Chi pernah menjadi gurunya Spider-Man! Tentu saja guru bela diri, ya.

Dalam event Spider-Island, semua penduduk Manhattan mendapatkan kekuatan laba-laba khas Spider-Man, tapi Peter Parker justru kehilangan kekuatan laba-labanya. Karena itu Shang-Chi melatih Peter Parker untuk menemukan gaya bela diri khasnya sendiri untuk menutupi hilangnya kekuatan laba-laba Peter.

7. Shang-Chi Pernah Bergabung dengan Marvel Knights Bersama Daredevil

Daredevil sempat kesulitan menangkap Punisher untuk diadili secara hukum, karena itu dia meminta bantuan pahlawan lainnya.

Dipimpin Daredevil, pahlawan lain tersebut adalah Black Widow, Luke Cage, Moon Knight, Dagger, dan tentu Shang-Chi. Kelompok ini sebenarnya tidak punya nama, namun penggemar menyebutnya Marvel Kngihts.

8. Dia Juga Bergabung dengan Kelompok Heroes for Hire

Dalam kejadian Civil War, dibentuklah kelompok khusus yaitu Heroes for Hire yang berisi pahlawan super yang melacak, menangkap, dan mengendalikan aktivitas pahlawan super yang menolak peraturan registrasi manusia super.

Meskipun begitu Shang-Chi dan yang lainnya di Heroes for Hire mencoba jalan “damai” untuk para pahlawan yang menolak peraturan tersebut, tentu termasuk dengan pemimpin pahlawan yang menolak peraturan itu, Captain America.

9. Menjadi Kandidat Phoenix Force Baru

Phoenix Force adalah salah satu entitas dan kekuatan yang besar di jagat Marvel. Phoenix Force lebih ikonik ke JEan Grey, tapi bukan berarti pahlawan lain tidak pernah, termasuk Shang-Chi.

Dalam komik Avengers Vol 8 tahun 2018, Shang-Chi adalah salah satu kandidat manusia petarung dari Bumi yang dipilih Phoenix Force sebagai wadah barunya, namun Shang-Chi tidak mau menggunakan kekuatan itu untuk “membunuh”.

10. Shang-Chi Adalah Seorang Bodhisatwa

Apa itu Bodhisatwa? Secara bahasa Indonesia artinya sih “Calon Buddha” yang mendedikasikan dirinya dalam ajaran dan jalan Buddha serta menerapkannya dengan mengedepankan kebahagiaan makhluk lain selain dirinya di alam semesta.

Shang-Chi mengatakan kalau dia menjalani Bodhisatwa dan salah satu alasannya menjadi pahlawan. Namun Shang-Chi sadar diri dan mengatakan kalau dia belum dengan sempurna menjalani dan mencapai ajaran agama Buddha ini.

Nah itu dia 10 fakta Shang-Chi di Marvel. Kira-kira di Marvel Cinematic Universe ceritanya akan semirip apa dengan komik ya?


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Raiga

Gouf itu bukan Zaku

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals