Pada awal bulan Mei ini, sutradara terkenal Angga Dwimas Sasongko mengumumkan sebuah projek film baru berjudul Mencuri Raden Saleh. Sontak, kabar tersebut membuat para penikmat film tanah air antusias terhadap projek terbaru sang sutradara film NKCTHI. Mengapa demikian? Berikut 4 fakta Mencuri Raden Saleh yang membuat filmnya sangat unik dan menarik.

Genre yang langka di Indonesia

Heist atau ‘Pencurian’ merupakan sebuah genre yang cukup populer. Beberapa film seperti Now You See Me, Ocean Eight dan Baby Driver. Bahkan salah satu seri terpopuler Netflix yaitu Money Heist juga mengusung genre tersebut.

Akan tetapi genre Heist sendiri sangatlah langka di industri perfilm Indonesia. Hal ini dikarenakan genre yang lekat dengan unsur aksi pastinya membutuhkan budget yang sangat besar. Dengan alasan tersebut, para penikmat film pastinya penasaran bagaimana cara sang sutradara akan menggarap film Mencuri Raden Saleh.

Sekumpulan aktor muda

Kita lanjut ke fakta Mencuri Raden Saleh selanjutnya. Jika biasanya film-film populer diperankan oleh aktor-aktor ternama yang sudah cukup berumur, Angga Sasongko malah mengumpulkan sekelompok aktor yang terhitung cukup muda. Meskipun masih muda, keenam aktor yang telah diumumkan tidak hanya berbakat tapi juga telah menoreh prestasi yang mengagumkan.

Keenam aktor tersebut adalah Iqbaal Ramadhan ( Bumi Manusia), Rachel Amanda (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini), Ari Irham (Generasi 90an: Melankolia), Aghniny Haque (Habibie & Ainun 3), Angga Yunanda (Dua Garis Biru), dan Umay Shahab (Sejuta Sayang Untuknya).

Untuk alasan kenapa memilih keenam aktor tersebut, Angga menjawab, “Karena keluar dari apa yang biasanya industri harapkan dari tipikal anak-anak ini. Dan kenapa pada akhirnya menarik sekali melihat keenam aktor ini jadi satu dalam sebuah frame dengan sebuah cerita di mana mereka ingin mencuri sesuatu yang besar atau penting yang ada di dalam Istana Presiden.”

Sutradara Ternama

Selaku sutradara, Angga Dwimas Sasongko juga tidak kalah berbakat dengan para aktornya. Angga telah menyutradarai beragam film populer tanah air dimana di antaranya adalah Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, Keluarga Cemara dan Filosofi Kopi. 

Angga bahkan pernah memenangkan 2 Piala Maya sekaligus di tahun 2014 melalui film Cahaya dari Timur: Beta Maluku. Melalui Visinema Pictures, rumah produksi yang didirikannya, dapat dipastikan bahwa Angga dapat memaksimalkan projek film Mencuri Raden Saleh ini.

Sudah direncanakan sejak 2018

fakta mencuri raden saleh

Mencuri Raden Saleh sebenarnya sudah diumumkan oleh Angga sejak tahun 2018 lalu. Hal tersebut dia umumkan beberapa minggu sebelum film Wiro Sableng 212 yang dia garap ditayangkan di bioskop. Sayangnya, karena beberapa hambatan yang muncul seperti pergantian penulis naskah dan lamanya pencarian aktor yang diinginkan, film ini baru siap diproduksi pada tahun 2021.

Selain Mencuri Raden Saleh, Angga sebenarnya juga pernah mengumumkan projek berjudul Ratu Malaka di tahun 2018. Akan tetapi, hingga saat ini dia masih belum menyinggung terkait projek kerja sama dengan pihak Malaysia tersebut.

Apakah kamu tertarik menonton film Mencuri Raden Saleh? Yang pasti bagi penggemar film Heist wajib nonton film garapan tanah air ini! Oh ya, untuk saat ini Mencuri Raden Saleh belum punya tanggal rilis,  jadi kita tunggu saja ya kabar selanjutnya!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals