Sejauh ini Loki telah muncul di enam film Marvel Cinematic Universe. Diantaranya Thor, Thor: The Dark World, Thor: Ragnarok, The Avengers, Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame. Nah, sebelum kembali beraksi di serialnya nanti, ada banyak fakta Loki versi MCU yang penting untuk kalian tahu nih, guys.

Apa sajakah fakta Loki versi MCU itu? Ini dia ulasannya!

(Fakta Loki Versi MCU Bagian 1)

1. Masa Kecil Loki yang Kelam

fakta loki mcu

Loki lahir di Jotunheim dan menjadi anaknya raja Frost Giant yakni Laufey. Namun malangnya, Loki ditinggalkan sendirian oleh sang ayah karena tubuhnya yang kecil dan lemah untuk ukuran Frost Giant.

Beberapa waktu kemudian, usai Asgardians berhasil memenangkan perang melawan Giants, raja Odin menemukan Loki dan mengadopsinya. Sejak saat itulah penampilan Loki diubah dengan sihir agar ia terlihat seperti Asgardian. Loki kemudian tumbuh besar bersama Thor sang putra Odin.

2. Menjadi Ahli Sihir Berkat Istri Odin

Loki dari kecil tak tertarik dengan ilmu bertarung Asgardians, namun ia suka pada ilmu sihir. Mengetahui hal ini, Frigga (istri Odin yang dekat dengan Loki) mengajari Loki semua ilmu sihir yang dikuasainya. Sihir inilah yang digunakan Loki untuk menciptakan ilusi dan berubah jadi wujud lain.

Dan yang paling penting, kemampuan ini menjadikan Loki ahli sihir Asgardian, dan kehebatan itulah yang jadi senjata Loki untuk melawan Thor dan musuh kuat lainnya.

3. Mengapa Loki Dijuluki God of Mischief?

fakta loki mcu

Jawaban dari pertanyaan ini cukup sederhana. Loki dijuluki Dewa Kekacauan karena berbagai tipu muslihat, ilusi dan sihir ciptaannya yang selalu berujung masalah besar.

Salah satu contohnya, ketika Loki bersikap baik namun diam-diam menggunakan keahliannya untuk memanggil kawanan Frost Giant, untuk mengacaukan upacara pelantikan Thor sebagai raja baru Asgard. Aksi ini dilatarbelakangi rasa iri Loki terhadap Thor yang selalu dinomorsatukan Odin dalam banyak hal.

4. Membuat Thor Dibuang ke Bumi dan Kehilangan Kekuatannya

Berawal dari serangan Frost Giant di Asgard yang diam-diam didalangi Loki, Thor kemudian bertindak gegabah yang ujungnya malah kembali menyulut perang Asgard dan Frost Giants. Dari situ, Odin jadi murka hingga ia menilai Thor tak pantas jadi raja. Puncaknya, Odin akhirnya mencabut kekuatan Thor dan membuang putra kesayangannya ke Bumi.

Dalam hatinya, Loki amat senang melihat triknya berhasil menjatuhkan Thor. Karena sekali lagi, selama ini Loki sangat tak suka melihat Thor selalu diunggulkan jadi raja baru Asgard.

5. Membuat Odin Terpukul dan “Hibernasi”

fakta loki mcu

Setelah mendapati dirinya ternyata bangsa Frost Giant, Loki jadi bingung kenapa selama ini tidak ada yang memberitahunya. Loki pun akhirnya melontarkan banyak pertanyaan sulit dan dilematis kepada Odin, hingga membuat sang penguasa Asgard tertekan.

Terpukul oleh sikap Loki, Odin akhirnya memutuskan tidur panjang lewat Odinsleep untuk memulihkan diri. Well, secara tak langsung, tindakan Loki mengakibatkan kekacauan lantaran Asgard harus kehilangan pemimpin besarnya untuk sementara waktu.

(Fakta Loki Versi MCU Bagian 2)

6. Mengambil Alih Tahta Asgard

fakta loki mcu

Di saat Odin larut dalam Odinsleep dan Thor juga masih terjebak di Bumi, Loki akhirnya diberikan Gungnir (tombak mematikan Odin) hingga ia resmi jadi raja baru Asgard.

Namun setelah beberapa lama, Thor berhasil kembali ke Asgard dengan kekuatan penuh, dan di saat bersamaan, Odin akhirnya bangun dari Odinsleep dan kembali jadi raja. Kehadiran dua tokoh penting ini akhirnya membuat Loki lengser dan kembali jadi pangeran Asgard.

7. Bekerja Sama dengan Laufey Lalu Membunuhnya

Tentu kalian masih ingat kalau Laufey adalah Frost Giant yang jadi ayah kandung Loki.

Nah, selama Loki jadi raja, ia berhasil meyakinkan Laufey untuk bersekongkol membunuh Odin, yang saat itu masih terlelap dalam tidur panjangnya. Namun yang mengejutkan, ternyata Loki diam-diam ingin balas dendam pada Laufey karena dulu tega meninggalkan anaknya yang rentan.

Akhirnya saat Laufey bersiap membunuh Odin, Loki langsung curi kesempatan untuk menusuk dari belakang dan menghabisi Laufey dengan Gungnir.

8. Bekerja Sama dengan Thanos

fakta loki mcu

Usai kehilangan tempat di Asgard, Loki datang ke Sanctuary untuk menjalin kesepakatan dengan Thanos.

Selain mendapatkan pasukan alien yang ia bisa gunakan untuk menguasai Bumi, Loki juga diberikan senjata baru Scepter yang bisa mengendalikan pikiran. Lalu sebagai gantinya, Loki harus bisa memberi Thanos Tesseract yang sedang berada di Bumi.

Karena selama ini Loki berambisi punya kekuasaan besar, maka ia pun langsung menerima permintaan Thanos tanpa pikir panjang.

9. Menyerang Avengers dengan Berbagai Trik

Setibanya di Bumi, Loki melancarkan berbagai trik agar bisa mendapatkan Tesseract yang dicari Thanos. Disamping memicu kekacauan besar di area publik, trik Loki juga sukses membuat Avengers kelabakan.

Karena dalam prosesnya, Loki mengendalikan pikiran Hawkeye, membuat Black Widow sedih dengan mengungkit masa lalu kelamnya, membuat Avengers cekcok, memancing keluar Hulk yang berujung merusak Helicarrier, dan menipu Thor agar bisa kabur dari sel.

Jangan lupakan juga, ada serangan destruktif dari pasukan alien pimpinan Loki yang memporak porandakan New York.

10. Kekalahan Berujung Hukuman Penjara Abadi

fakta loki mcu

Di saat Loki merasa di atas angin, ia tiba-tiba harus menghadapi keberingasan Hulk yang bolak-balik membanting God of Mischief tanpa ampun. Akibat serangan itu, Loki kehilangan banyak kekuatannya hingga ia tak mampu lagi melawan Avengers, yang saat itu sudah membabat habis pasukan alien dan mengamankan Tesseract.

Setelahnya, Thor membawa Loki kembali ke Asgard untuk dihukum Odin atas semua kejahatan beratnya. Loki pun akhirnya harus menelan pil yang sangat pahit, karena ia harus mendekam di sel Asgard Dungeon untuk selamanya.

Fakta Loki Versi MCU Bagian 3

11. Dibebaskan Thor Demi Mengalahkan Malekith

fakta loki mcu

Di tengah serangan Dark Elves pimpinan Malekith yang mengancam Asgard, Thor terpaksa bekerja sama dengan Loki karena ia butuh pengetahuan Loki untuk menuju dunia asal Malekith.

Loki akhirnya mau membantu karena disamping ingin bebas, ia juga ingin membalas Malekith atas kematian Frigga yang selama ini dekat dengannya.

12. Memalsukan Kematiannya dan Menyamar Jadi Odin

Meski berhasil membalaskan kematian Frigga, Loki terkena serangan fatal Dark Elves hingga ia gugur dengan terhormat di hadapan Thor. Di titik ini, Thor, Odin dan penduduk Asgard telah percaya Loki sudah tiada dan berada di Valhalla.

Namun siapa sangka, kematian tadi adalah ilusi ciptaan Loki. Setelahnya, Loki menyamar jadi Odin, hingga ia diam-diam berhasil mengambil alih posisi raja Asgard. Dan kebetulan, Odin yang asli saat itu menghilang secara misterius.

13. Berperan Besar Menyelamatkan Rakyat Asgard

Setelah menguasai Asgard selama empat tahun, kedok Loki akhirnya berhasil dibongkar oleh Thor. Namun pada akhirnya Thor mau memaafkan kesalahan Loki, hingga mereka bersatu demi mencari Odin. Dua bersaudara ini akhirnya menemukan Odin menyendiri di sebuah tempat kedamaian, sebelum raja Asgard meninggal dengan tenang.

Selanjutnya, Loki bekerja sama dengan Thor, Hulk dan Valkyrie demi menyelamatkan Asgard dari serangan Hela. Pertempuran ini akhirnya dimenangkan kubu Thor, berkat keberhasilan Loki membangkitkan monster Surtur yang membinasakan Hela sekaligus menghancurkan Asgard. Meski begitu, aksi Loki ini berhasil menyelamatkan penduduk dari kepunahan.

Sejak peristiwa Ragnarok tersebut, Loki ikut dalam perjalanan Thor untuk membawa rakyat Asgard ke dunia baru yang bisa mereka tinggali.

14. Mau Membunuh Thanos Tapi Ujungnya Malah Terbunuh

fakta loki mcu

Di tengah perjalanan bersama rakyat Asgard, pesawat Thor tak sengaja berpapasan dengan pesawat Thanos hingga terjadi pertarungan sengit.

Demi menyelamatkan Thor dan rakyat Asgard, Loki akhirnya mempertaruhkan nyawa dengan mencoba menipu Thanos sambil cari kesempatan untuk membunuhnya. Naas, perjudian Loki berakhir gagal karena ujungnya malah ia yang dibunuh Thanos.

15. Mencuri Space Stone dan Menjalani Petualangan Baru

Dalam rangka mengumpulkan Infinity Stones untuk menaklukkan Thanos, Avengers melakukan time travel dan kembali ke momen serangan Loki di New York tahun 2012. Sialnya, aksi Avengers tak berjalan lancar, karena Loki yang saat itu masih hidup berhasil kabur dengan membawa Tesseract yang di dalamnya ada Space Stone.

Berhubung waktu itu Loki juga sudah memahami kekuatan Space Stone, maka ia memanfaatkannya untuk membuka portal dan melarikan diri ke tempat lain. Nah, dari sinilah, cerita serial Loki akan dimulai.

fakta loki mcu

Oke, itulah tadi fakta Loki versi MCU yang sudah diketahui sebelum tampil di serialnya yang berisi enam episode.

Masih diperankan Tom Hiddleston sebagai God of Mischief, rencananya Loki akan tayang di Disney+ Hotstar mulai 9 Juni 2021.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Nova

Penyuka karakter antihero, dunia futuristik dan musik Taylor Swift.

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals