Di Era saya remaja, Nintendo merupakan Primadona yang masih menawan di tengah gempuran kedigdayaan Konsol  terbaik sepanjang masa sekaligus pemenang perang mesin Gaming generasi ke 5 , PlayStation 2.

Fakta yang juga harus diterima bahwa Gamecube memang kalah laku dan juga kurang populer di dalam maupun luar negeri, namun di negara asalnya yaitu Jepang, Gamecube jelas lebih memenangkan hati masyarakat di sana, terbukti dengan larisnya beberapa Title eksklusif seperti Mario Sunshine  dan Zelda: Twilight Princess yang ludes di pasaran.

Eiits tunggu dulu ya pembaca setia, sebenarnya  kali ini saya tidak akan membahas lebih lanjut tentang Gamecube melainkan sebuah narasi pemanis yang  akan saya sambung dengan anak emas lainya Nintendo yang ternyata  mampu bersaing ketat dengan Sang Raja ciptaan Sony sekalipun.

Pembaca setia Yunoya Media, inilah Dia topik santai  tentang si kecil nan memukau yang sudah saya rangkum menjadi 5 bahasan menarik seputar Gameboy Advance, selamat menikmati.

Sejarah Singkat

Gameboy Advance Dikembangkan sebagai respon atas makin diterimanya  Gameboy dari Nintendo dan merupakan generasi ke 6 dari keseluruhan silsilah Gameboy dan menjadi penerus  Gameboy Color. Design Wise nya didasarkan sebagai bentuk kontras  dari Generasi sebelumnya yakni potrait dan kemudian dirombak menjadi landscape yang tak lagi menempatkan tombol fungsi kontrol di bawah layar melainkan di samping layar  dirasa jauh lebih efisien dan enak digenggam.

 Proyek pengembangan gameboy advance (GBA) pada awalnya disebut sebagai Project Atlantis. Setelah tak lagi dikerjakan oleh orang yang sama seperti sebelumnya, yakni almarhum Gunpei Yokoi yang meninggal di oktober 1997 silam, Design bentuknya kemudian diambil alih lewat tangan seorang designer perancis, Gwénaël Nicholas dan bekerjasama dengan Curiosity. inc yang berbasis di Tokyo jepang.

berita kemunculan pertamanya disiratkan dalam acara pameran dagang tahunan di Jepang yakni di Nintendo Space World pada akhir Agustus 1999, yang dimana dikabarkan bahwa sebuah penerus Gameboy Color (GBC) sedang dalam tahap pengembangan dengan menawarkan sejumlah fitur modern seperti Konektivitas Online Nirkabel dan sistem berbasis 32-bit dengan kode nama Advanced Game Boy (AGB).

Lebih lanjut lagi, Nintendo akhirnya mengumumkan secara resmi kepada khalayak pada 1 september 1999 dengan mengungkapkan kembali rincian spesifikasi resminya termasuk peningkatan konektivitas Online lewat perangkat seluler.

Singkat cerita setelah beberapa rentetan kabar perilisan dan promosi Teaser di sana sini, Nintendo secara resmi mengungkapkan peluncuran pada 21 Maret 2001 untuk pansa pasar Amerika Utara termasuk pengumuman harga yang disarankan sebesar $99,99 termasuk 15 game yang diluncurkan perdana.

Nintendo memperkirakan sekitar 60 game tersedia hingga akhir tahun 2001.

Spesifikasi Bicara: Kecil namun cabe rawit.

Berbicara mengenai daya tarik sebuah konsol tentu saja  tak akan lengkap jika tidak membahas spesifikasinya. secara runtut GBA memiliki sepsifikasi sebagai berikut :

  • Dimensi: Hadir dengan panjang x lebar x dalam  yakni  145 x 82 x 32 mm dengan berat tidak kuran dari 140gram menjadikan konsol genggam ini ringan dan nyaman dipegang maupun masuk ke dalam saku
  • Layar dan Resolusi: Mengusung layar LCD dan TFT  2.9 inchi dengan Improvement yang lebih baik dari pendahulunya yaitu Gameboy Color dangan resolusi 240 x 160 pixel yang semakin jernih juga dukungan warna 15- bit RGB yang menghadirkan  512 warna simultan dalam mode karakter dan 32.768 warna Simultan dalam Mode Bitmap menjadikan grafisnya semakin padat.
  • Kapasitas Memori, Grafik , dan daya pacu: GBA juga menghadirkan fitur Memori: 32 kilobibyte+96 kilobibyte VRAM ( CPU internal), 256 kibibyte WRAM (CPU eksternal) dengan CPU 32-bit ARM7TDMI dan prosesor zilog 8 bit Z80 yang merupakan spesifikasi paling wah pada masanya untuk sebuah ukuran konsol  Handheld. GBA versi awal ini juga menggukana sumber tenaga dari  2 butir baterai tipe AAA yang mampu bertahan selama 15 jam masa pakai dengan pemaian bervariasi.
  • Backward Compatibility: Merupakan fitur utama GBA sekaligus yang membuatnya istimewa. Dengan Fitur ini, kamu bisa memainkan cartridge dari mesin Gameboy terdahulu, jadi bisa hemat tanpa perlu membeli versi terdahulu sekaligus mampu menghemat budget.

Lalu ada apa saja game terbaik di Gameboy Advance? Yuk lanjut ke halaman kedua!


Julianto

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals