Lewat episode pertama, Loki memperkenalkan hal-hal baru di Marvel Cinematic Universe (MCU) yang tak pernah disinggung sebelumnya. Yang paling kentara, hal baru di Loki meliputi Sacred Timeline, Variant, Nexus dan Multiversal War.

Keempat elemen tadi pun tak hanya berperan penting dalam cerita Loki, tetapi mungkin juga film dan serial lainnya di MCU Phase 4. Untuk itu, bagi kalian yang masih kurang mengerti atau ingin lebih mengerti lagi, Yunoya membuat penjelasan tentang makna Variant di Loki dan tiga hal penting lainnya. Tak perlu berlama-lama lagi, ini dia penjelasan lengkapnya, guys!

Sacred Timeline atau Garis Waktu Sakral

Sacred Timeline adalah garis waktu dimana eksistensi makhluk hidup dan segala kejadian di dalamnya telah ditentukan sejak awal. Bisa dibilang, Sacred Timeline adalah “takdir” akan semua hal di alam semesta.

Nah, tugas utama Time Keepers dan Time Variance Authority (TVA) adalah untuk menjaga “takdir” ini agar berjalan sebagaimana mestinya. Caranya, mereka harus memastikan kejadian atau tindakan makhluk hidup sesuai dengan “arsip” Sacred Timeline yang mereka punya.

Tak main-main, arsip ini bahkan bisa mengetahui setiap perbuatan makhluk hidup dari lahir sampai akhir hayat, lengkap dengan semua kejadian yang menyertainya.

Variant

loki variant

Variant adalah sebutan bagi mereka yang melakukan hal melenceng dari Sacred Timeline. Atau dengan kata lain, perbuatan mereka menyalahi takdir yang sudah ditentukan. Adapun Variant juga bisa disebut penjahat waktu, karena aksi mereka menyebabkan garis waktu keluar dari jalur yang seharusnya.

Sebagai contoh, Loki seharusnya ditangkap Avengers di peristiwa Battle of New York, sebagaimana yang terjadi di Sacred Timeline. Namun karena Loki berhasil kabur dengan Tesseract, yang mana itu tak seharusnya terjadi, maka ia disebut Variant.

Oh ya, tugas utama TVA lainnya adalah menangkap dan menghukum Variant sambil memperbaiki penyimpangan waktu yang dipicu oleh aksi Variant.

Menariknya, TVA menyatakan Avengers bukan Variant meski tim superhero ini sudah melakukan time travel yang pada dasarnya melanggar garis waktu. Kenapa bisa demikian? Karena TVA menegaskan, aksi time travel Avengers memang sudah seharusnya terjadi menurut Sacred Timeline, yang artinya itu sudah ditakdirkan.

Nexus

loki variant

Nexus adalah peristiwa yang terjadi akibat aksi melenceng Variant. Lebih dari itu, Nexus mengakibatkan garis waktu yang aslinya lurus jadi bercabang. Bahayanya, jika Nexus terlalu lama dibiarkan, maka ia akan menciptakan rentetan Nexus lainnya yang berujung kekacauan, dan puncaknya, kekacauan itu bisa memicu Multiversal War.

Karenanya, TVA selalu berusaha secepat mungkin untuk menangkap Variant dan mengembalikan garis waktu ke jalur semestinya, agar kekacauan akibat Nexus ini tidak sampai parah.

Kini kita sudah tahu peristiwa Loki berhasil kabur dari Battle of New York adalah Nexus.

Nah, yang membuat saya bertanya-tanya, bagaimana dengan peristiwa Scarlet Witch kembali menghidupkan Vision dan mempunyai anak di WandaVision? Apakah peristiwa itu adalah bagian Sacred Timeline sehingga TVA tak menciduk Scarlet Witch? Hmm, kita tunggu saja ya jawaban pastinya.

Multiversal War atau Perang Multi Semesta

Sesuai namanya, perang besar ini melibatkan multi semesta. Menurut sejarah yang dicatat TVA, dahulu kala pernah terjadi Multiversal War yang dilatarbelakangi oleh perebutan kekuasaan. Kekacauan dahsyat ini akhirnya berhasil dihentikan, setelah Time Keepers menyatukan multi semesta ini dalam satu garis waktu yang disebut Sacred Timeline.

Namun kendati TVA sudah berusaha menjaga Sacred Timeline, bukan mustahil Multiversal War akan kembali terjadi di masa depan. Pemicunya, mungkin tidak lain karena jumlah Nexus yang terlalu banyak hingga TVA kewalahan memperbaikinya.

Marvel sendiri mengakui Nexus akan berperan penting di MCU Phase 4. Pernyataan ini seolah menandakan, Multiversal War akan betulan kembali terjadi, dan saya cukup yakin Multiversal War akan jadi klimaks MCU berikutnya pasca Infinity War.

Tanda-tandanya pun sudah terlihat. Mulai dari kekacauan Multiverse yang akan disinggung di Doctor Strange 2, hingga debut Kang the Conqueror (villain spesialis time travel) di Ant-Man 3.

Jika Marvel kembali menjalankan ritme ala Infinity War yang butuh tiga Phase untuk mencapai klimaks, maka seharusnya puncak Multiversal War akan terjadi di Phase 6. Sedangkan Phase 4 dan Phase 5 dimanfaatkan untuk membangun landasan perang epik tersebut.

loki variant

Oke, itulah tadi penjelasan seputar Sacred Timeline, Variant, Nexus dan Multiversal War. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat bagi kalian penonton setia film dan serial MCU.

Anyway, jangan lupa guys untuk menonton episode baru Loki setiap Rabu yang tayang eksklusif di Disney+ Hotstar.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Nova

Penyuka karakter antihero, dunia futuristik dan musik Taylor Swift.

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals