Shin Won Ho atau juga disebut PD Shin adalah produser dan sutradara yang punya pamor tersendiri di Korea Selatan. Dia dikenal sebagai sutradara yang membuat drama-drama hits seperti Reply 1988 yang terkenal, Prison Playbook, hingga Hospital Playlist yang tidak kalah berhasil meraup penggemar.

Bukan cuma sukses secara basis penggemar dan rating, drama-drama buatan Shin Won Ho pun dikenal selalu sukses secara kritik.

Secara filmografi, memang tidak banyak, atau setidaknya belum banyak drama yang dibuatnya. Meski begitu hampir semua dramanya dianggap bagus dan hits. Meski dianggap sebagai pembuat drama hits, drama-drama buat Shin Won Ho tidaklah pasaran dan punya ciri khasnya sendiri.

Cira khas itulah yang membuat drama buatan Shin Won Ho beda dari drama Korea umumnya. Karena berbeda dan punya ciri khas yang disukai, wajar kalau hal itu menjadi alasan karyanya selalu ditunggu-tunggu. Apa sajakah alasan-alasannya itu?

Dikenal Sebagai Raja Slice of Life

Dari ke 5 judul drama yang dibuat (termasuk 2 season Hospital Playlist), semuanya bergenre drama slice of life. Yaitu menceritakan mengenai kehidupan sehari-hari. Pilihan genre ini sebenarnya bukanlah genre yang sering dipilih untuk drama korea kebanyakan, jadi wajar kalau saya anggap ini sebagai pembeda.

Dari lima drama itu, ada Reply series, yaitu Reply 1997 yang menyoroti kehidupan sehari-hari anak sekolahan, Reply 1994 yang menyoroti kehidupan sehari-hari anak kos-kosan, dan Reply 1988 yang menyoroti kehidupan bertetangga sehari-hari. Lalu ada Prison Playbook yang menceritakan keseharaian kehidupan penjara. Hingga yang terbaru, Hospital Playlist, yang menyoroti keseharian di rumah sakit.

Biasanya, genre slice of life memang bukanlah favorit semua orang. Karena genre ini sering dianggap membosankan karena cerita yang tidak fokus pada masalah tertentu untuk diselesaikan, karena fokusnya kehidupan sehari-hari pada masalah yang biasa akrab dijumpai. Namun Shin Won Ho berhasil meyakinkan penontonnya bahwa meski sehari-hari, drama-dramanya tetap menyenangkan dan bermakna, dan popularitasnya saat ini adalah buktinya.

Jago Bikin Momen yang Heartwarming

Dengan pilihan genre drama slice of life, Shin Won Ho berhasil mengemas tontonan yang menawarkan nilai-nilai terntentu dalam kehidupan yang dekat dengan keseharian. Tidak jauh-jauh, kita sering ditawarkan nilai-nilai terntentu soal pertemanan, keluarga, soal tanggung jawab, dan banyak hal lain yang akan terasa dekat dengan kita sebagai penonton.

Belum lagi nilai-nilai itu berhasil disajikan begitu hangat. Shin Won Ho memang jago mengemas adegan-adegan yang heartwarming. Kadang, melalui cerita sederhana sehari-hari yang dikemas dengan adegan yang terasa hangat dan intim itu, kita berhasil memahami kepingan dunia yang selama ini kita anggap remeh ternyata hal yang berharga.

Selera Komedi yang Menyenangkan

Setidaknya ada satu jaminan kalau kalian takut bosan menonton cerita-cerita slice of life buatan Shin Won Ho. Yaitu porsi komedinya yang selalu jadi bumbu penyedap terbaik sajian drama kehidupan buatan PD Shin. Salah satu trademark yang paling membekas adalah suara ‘mbeeek’ kambing yang sering menghiasi.

Salah satu cara paling ampuh untuk menikmati humor-humor Shin Won Ho adalah ketika kita sudah memahami karakternya, kenal, bahkan peduli. Nanti setiap karakternya akan punya personanya sendiri dan punya cara melucunya sendiri. Hal itu juga menandakan bagaimana sutradara ini memperhatikan karakter-karakternya dalam ceritanya.

Selain itu, sutradara ini juga hobi mempunyai karakter yang termasuk bodoh. Bukan buat gimmick-gimmickan adu tolol semata loh. Tapi, itu adalah caranya menunjukan ketidaksempurnaan manusia dimana dia punya kelebihan dan cerita yang dibagikan, namun kadang dia pun tak sempurna dengan beberapa kekurangan yang tampak begitu bodoh bagi orang lain.

Rasanya tiga alasan utama itu cukup untuk menggambarkan kenapa drama-drama buatan Shin Won Ho tidak bisa dianggap remeh. Bahwa drama buatannya pantas disukai banyak orang. Jadi, selamat menikmati sajian drama kehidupan ala sutradara ikonik ini.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Osyad

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals