Film pertama Gundam Hathaway yang diadaptasi dari novel berjudul sama sudah tayang di Netflix. Kehadiran grup Mafty di Gundam Hathaway juga terjadi.

Tentu saja inti cerita film ini adalah tentang grup teroris Mafty di Gundam Hathaway yang mana dipimpin oleh Mafty Navue Erin.

Nah apa saja fakta grup Mafty di Gundam Hathaway ini? Yuk simak berikut ini daftarnya dari Yunoya Media!

1. Mafty Adalah Grup Teroris Anti Federasi yang Dibentuk di Sulawesi

fakta grup mafty di gundam hathaway

Apa itu Mafty? Di jagat Universal Century, lebih tepatnya di U.C. 0105 ada grup teroris yang melawan pemerintahan Federasi Bumi (EFF) yaitu Mafty.

Grup teroris ini dibentuk di kepulauan Sulawesi di Indonesia, jadi jangan kaget deh kalau banyak pulau atau wilayah Sulawesi yang disebutkan di film animenya.

Misi dari grup ini adalah untuk menggulingkan pemerintahan Federasi Bumi yang dianggap tidak adil ke rakyat kecil di Bumi. Mereka bergerak dengan membunuh petinggi Federasi Bumi.

2. Pemimpin Grupnya Adalah Mafty Navue Erin

fakta grup mafty di gundam hathaway

Grup terosis Mafty saat ini di tahun U.C. 0105 diketahui punya satu orang pemimpin. Sang pemimpin punya inisial yaitu Mafty Navue Erin.

Kalau kamu sudah menonton film Gundam Hathaway pasti tahu siapa dia, Mafty Navue Erin sebenarnya adalah Hathaway Noa!

Setelah kejadian di Gundam Char Counterattack dan kematian Quess Paraya, Hathaway yang masih depresi pun berkeliling Bumi dan menemukan banyak ketidakadilan yang dilakukan oleh kasta tinggi di Federasi Bumi ke rakyat kecil.

Di Sulawesi Hathaway mempelajari dan mengobservasi tumbuhan, namun dia menemukan grup Mafty yang melawan Federasi. Akhirnya Hathaway bergabung karena dia juga benci dengan Federasi lalu sekarang dia jadi pemimpinnya.

3. Nama Mafty Diambil dari Mufti dalam Agama Islam

Memang bukan fakta yang kurang menyenangkan ya, namun ini memang salah satu fakta dari grup Mafty di serial Gundam Hathaway.

Bukan hanya dibentuk dan bermarkas di Sulawesi, Indonesia, namun nama grup Mafty juga kemungkinan direferensikan dalam salah satu istilah di dalam ajaran agama Islam.

Dalam Islam, ada orang-orang yang dijuluki Mufti, yaitu seorang tokoh agama Islam dengan pengetahuan yang tinggi, diakui, dan berhak untuk menghasilkan fatwa. Tugas mereka juga menyebarkan ajaran Islam di masyarakat.

4. Arti Julukan Mafty Navue Erin

fakta grup mafty di gundam hathaway

Mafty Navue Erin bukan sekedar nama acak yang dipilih sebagai nama alias dari pemimpin grup Mafty ini, melainkan ada makna dan artinya.

Nama ini diambil dari bahasa Arab, Sudan, dan bahasa Irlandia kuno yang berarti “Raja Para Utusan yang Adil” yang mana nama ini memang ditujukan untuk Mafty yang ingin melawan pemerintahan Federasi Bumi yang tidak adil untuk rakyat kecil.

5. Xi Gundam dan Messer Adalah Dua Mobile Suit Khas Mafty

Sebagai grup yang bergerak di era Universal Century, tentu saja tanpa Mobile Suit maka mereka akan kesulitan, karena itu grup Mafty juga punya Mobile Suit.

Yang ikonik adalah Xi Gundam, yang mana Gundam berukuran besar ini dipiloti oleh pemimpin grup ini yaitu Mafty Navue Erin alias Hathaway Noa.

Selain itu prajurit di kelompok ini menggunakan Mobile Suit Messer yang juga tidak kalah besarnya dalam setiap operasi yang mereka jalani.

Nah itu dia fakta dari grup Mafty dalam  film anime Gundam Hathaway. Meskipun di film pertama lokasi di Indonesia banyak disebut, namun belum banyak diperlihatkan. Sepertinya kita akan melihatnya lebih banyak di dua film berikutnya!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Raiga

Gouf itu bukan Zaku

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals