Seiring Loki episode 6 sudah dirilis, maka artinya season pertama dari serial Marvel ini telah berakhir. Meski begitu, ada banyak hal menarik yang patut diperbincangkan, salah satunya ending Loki episode 6 yang mengejutkan sekaligus menggantung.

Nah, bagi kalian yang kurang atau ingin lebih memahami ending yang penuh detail penting ini, kalian bisa menyimak penjelasan ending Loki episode 6 berikut. Namun patut diingat guys, artikel ini mengandung spoiler Loki season pertama. Baiklah kalau begitu, kita langsung mulai saja ya penjelasannya!

1. Munculnya He Who Remains, Sosok Pemimpin Asli TVA yang Ternyata Variant Kang the Conqueror

ending loki episode 6

Tak lama usai Loki dan Sylvie masuk benteng, muncullah sosok pemimpin asli TVA yang punya nama panggilan “He Who Remains”, atau kita sebut saja “HWR” biar lebih efisien ya.

Mengejutkannya, ternyata HWR adalah satu dari banyak Variant Kang the Conqueror. Dan sebagai informasi, Kang jadi villain utama Marvel Cinematic Universe berikutnya pasca Thanos takluk oleh Avengers.

Kembali ke topik guys. HWR kemudian menjelaskan, keberadaan multiverse pertama kali ditemukan Variant dirinya yang seorang ilmuwan Bumi di abad ke-31. Dan tak lama setelahnya, para Variant Kang lainnya dari universe yang berbeda-beda juga menyadari adanya multiverse.

Nah, masalahnya, para Variant Kang ini sifatnya bermacam-macam. Sebagian ada yang seperti HWR yang baik dan mau bekerja sama dengan Variant lain. Sebagian lainnya adalah Variant yang jahat dan berambisi menaklukkan universe Variant lain. Dari perbedaan itulah, muncul konflik antar Variant Kang yang berujung jadi Multiversal War.

2. Tindakan He Who Remains yang Jahat Tapi Sebenarnya Melindungi

ending loki episode 6

Lantas di tengah kekacauan Multiversal War tadi, Variant pertama Kang menemukan makhluk yang mampu menelan ruang dan waktu yaitu Alioth. Oh ya, sekedar mengingatkan, Alioth adalah monster badai penjaga Void yang sebelumnya dihadapi Loki dan Sylvie sebelum mereka tiba di benteng HWR.

Kembali ke Multiversal War. Setelah Alioth ditemukan, HWR melakukan eksperimen terhadap makhluk ini. Hingga akhirnya, HWR berhasil memanfaatkan kekuatan Alioth untuk mengakhiri Multiversal War. Jadi bukan Time-Keepers yang mengakhiri Multiversal War, melainkan HWR.

ending loki episode 6

Pasca Multiversal War berakhir, HWR “mengisolasi” timeline atau garis waktu, agar timeline yang tadinya bercabang-cabang menjadi satu kesatuan. Timeline yang telah disatukan inilah yang kemudian disebut Sacred Timeline.

Begitu selesai menciptakan Sacred Timeline, barulah HWR menciptakan Time-Keepers dan TVA agar lebih mudah melindungi timeline. HWR lalu menyatakan, misi utamanya adalah menjaga Sacred Timeline agar tak sampai bercabang, sehingga resiko Multiversal War dapat dihindari.

HWR pun tak peduli jika harus menghancurkan Variant atau Nexus yang tak bersalah, asalkan itu bisa membuat timeline tetap bersatu atau selaras. Pada akhirnya, HWR menekankan meski aksinya terkesan seperti diktator kejam, semua itu sebenarnya ia lakukan demi keamanan timeline dan seisinya.

3. Aksi Sylvie Pemicu Munculnya Multiverse dan Beresiko Mengulang Multiversal War

ending loki episode 6

Aksi ekstrim HWR demi menjaga timeline akhirnya berimbas pada hidup Sylvie. Seperti yang kita tahu, kelahiran Sylvie adalah Nexus sehingga ia jadi Variant yang harus dimusnahkan TVA. Merasa kelahirannya bukan kesalahan, Sylvie pun terus berlari sambil mencari cara untuk membalas TVA. Seiring berjalannya waktu, Sylvie menyadari ia harus membunuh pemimpin TVA agar bisa menjalani hidup yang ia inginkan dan tak lagi jadi buronan.

Karena itulah, Sylvie sangat ingin membunuh HWR lantaran sudah membuat hidupnya hancur berantakan. Sebelum konflik mulai memanas, HWR pun sebenarnya sempat menawari Loki dan Sylvie jadi pemimpin baru TVA. Namun berbeda dengan Loki yang tertarik, Sylvie menolak keras dan tetap ingin membunuh HWR, meski sudah ditentang Loki.

loki episode 6

Pertentangan Loki juga bukan tanpa alasan guys. Karena jika HWR sampai mati, maka timeline akan langsung bercabang-cabang, lalu para Variant Kang akan langsung muncul dan menggantikan posisi HWR.

Dan yang paling berbahaya, kematian HWR mengakibatkan Multiversal War rentan kembali terjadi, dan hal itu sebenarnya masuk akal karena sudah tak ada lagi yang melindungi timeline (TVA saja tak cukup tanpa kekuatan HWR).

Meski sudah tahu konsekuensi kematian HWR sangat berbahaya, Sylvie tetap nekat membunuhnya. Bahkan demi menuntaskan dendamnya, Sylvie tak segan menyerang Loki yang terus menghalanginya hingga mereka bertarung sengit. Sylvie pun akhirnya mengirim paksa Loki ke TVA dengan memakai alat milik HWR yang mirip Tempad.

4. He Who Remains Meninggal, TVA Berubah Total

ending loki episode 6

Begitu HWR tewas dibunuh Sylvie, timeline yang tadinya lurus jadi langsung bercabang-cabang hingga menciptakan multiverse. Jika sudah begini, maka resiko terulangnya Multiversal War tentu kian besar. Apalagi karena HWR sudah mati, otomatis sekarang para Variant Kang telah muncul, sehingga konflik besar antar Variant Kang tinggal menunggu waktu.

Sementara itu, Loki ternyata terlempar ke TVA dari universe yang berbeda dari sebelumnya. Itulah sebabnya Mobius yang tadinya mengenal Loki jadi tidak kenal, karena di universe ini Mobius tak pernah bertemu Loki.

Dan yang paling mengejutkan, TVA di universe ini dipimpin langsung oleh Kang, dan itu terbukti dari adanya sebuah patung raksasa Kang di markas TVA. Lantas apakah ini Variant Kang yang baik seperti HWR, atau yang jahat dan berambisi menaklukkan universe lain? Kita tunggu saja pengungkapannya.

Adapun sebelum episode 6 berakhir, prajurit TVA menghadapi situasi darurat karena mereka harus menghilangkan banyak cabang waktu yang muncul gara-gara kematian HWR.

5. Dampak Kejadian di Ending Loki Episode 6 Season 1 Terhadap MCU

Singkat cerita, kematian HWR akhirnya menciptakan multiverse dan membuka kemungkinan Multiversal War akan kembali terjadi.

Tanda-tanda kekacauan berskala multiverse ini agaknya akan dieksplor di Doctor Strange in the Multiverse of Madness, dimana Doctor Strange akan menghadapi situasi pelik ini bersama Scarlet Witch. Sementara itu, bisa jadi Doctor Octopus dan Electro yang akan muncul di Spider-Man: No Way Home adalah Variant dari universe lain.

ending loki episode 6

Nah, itulah tadi penjelasan ending Loki episode 6. Lewat after credit scene serialnya, Marvel memastikan akan ada Loki season kedua. Dan pengumuman season baru ini agaknya tak mengejutkan, seiring ending season pertama yang menggantung dan bikin penasaran.

Sayangnya, belum ada informasi resmi soal jadwal rilis Loki season 2. Namun season terbaru Loki diprediksi akan tayang pada 2023, karena kabarnya season 2 akan mulai syuting 2022.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Nova

Penyuka karakter antihero, dunia futuristik dan musik Taylor Swift.

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals