Akhir-akhir ini istilah Inner Child seringkali dibicarakan banyak orang di sosial media. Banyak orang mengatakan bahwa mereka sering merasakan Inner Child dalam diri mereka bereaksi dan mempengaruhi kepribadian.

Inner Child  adalah istilah psikologi yang menggambarkan jiwa masa kecil yang terperangkap dalam individu seseorang . Setiap orang memiliki Inner Child dalam diri mereka,walaupun hal ini berbeda-beda tiap individu berdasarkan pengalaman masa kecil mereka.

Inner Child membawa setiap perasaan,kebutuhan,dan memori masa kecil mulai dari hal positif hingga hal negatif. Nah,beberapa hal negatif yang dirasakan ini menciptakan Inner Child  yang terluka yang terbawa hingga seseorang tumbuh dewasa.

Ini menjadi tantangan bagi setiap orang. Dengan mengetahui,menerima,dan terhubung dengan bagian dari kepribadian mereka.

istilah inner child

Ciri Kamu Memiliki Inner Child Yang Terluka

Setelah memahami istilah Inner Child, mari kita bahas ciri-ciri orang dengan Inner Child terluka. Luka pada Inner Child  memang tidak terlihat,namun dapat dirasakan dan mempengaruhi kehidupan seseorang. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi ciri Inner Child di dalam dirimu terluka:

1. Kamu merasa bersalah tanpa alasan,bahkan dengan kesalahan yang tidak kamu perbuat

2. Kamu merasa tidak pantas dicintai

3. Kamu merasa takut kehilangan dan ditinggalkan orang-orang disekitarmu

4. Kamu sering memikirkan tentang masa lalu dan terjebak disana

5. Kamu sulit membangun rasa percaya kepada orang lain

6. Kamu selalu merasa ingin menyenangkan orang lain dan tidak dapat menolak permintaan seseorang

7. Kamu mudah marah dan sulit mengontrol emosi

8. Kamu suka menyakiti diri sendiri atau “self-harming behavior” 

9. Kamu suka merasa insecure dan tidak mempercayai diri sendiri

10. Kamu benci merasa sendiri dan ingin memiliki banyak perhatian

Penyebab Seseorang Memilki Inner Child Yang Terluka

Inner Child  yang terluka dibentuk dari pengalaman negatif seseorang ketika mereka masih kanak-kanak,biasanya seseorang yang memiliki Inner Child yang terluka mengalami hal-hal buruk dan sulit di masa kecil. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang memiliki Inner Child  yang terluka:

1. Kehilangan orangtua atau wali

2. Perpisahan keluarga

3. Korban kekerasan fisik atau pengabaian emosional

4. Korban pelecehan seksual

5. Korban bullying

6. Menjadi pengungsi karena bencana alam atau korban konflik negara

7. Merasa asing dan terisolasi dalam keluarga

Bagaimana Cara Mencintai Inner Child ?

 Inner Child  sebenarnya tidak dapat dihilangkan atau diperbaiki,setelah suatu kejadian di masa kecil terjadi maka hal itu akan langsung menjadi sejarah yang akan terus di ingat. Bagi sebagian orang mereka merasa bahwa hal ini mengubah cara mereka berpikir dan berperilaku.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa membantu kamu mecintai  Inner Child  mu:

1. Meminta maaf kepada diri sendiri

2. Ingatkan dirimu betapa indahnya kamu

3. Temukan tempat yang aman dan nyaman bagi dirimu

4. Beri perhatian lebih kepada perasaanmu

5. Katakan pada dirimu untuk tidak perlu malu

6. Ingatkan dirimu bahwa apa yang telah terjadi itu bukan kesalahan mu

7. Temukan kembali passion mu yang terlupakan

8. Tulislah kata-kata yang ingin kau sampaikan pada  Inner Child  mu dalam sebuah surat atau buku harianmu

9. Katakan pada  Inner Child  mu bahwa kamu disini untuknya dan tidak akan meninggalkannya

10. Berikan  Inner Child  mu kesempatan untuk merasakan apapun tanpa penghakiman

“It sounds corny, but I’ve promised my inner child that never again will I ever abandon myself for anything or anyone else again.” – Wynonna Judd

Tugasmu disini adalah membantu dirimu untuk mencintai Inner Child mu,mulailah berkomitmen pada diri sendiri untuk mengetahui dan menerima Inner Child mu. Disini kamu adalah individu yang bebas,maka kamu berhak untuk menerima ataupun menolak Inner Child mu.

Ketika kamu menolak adanya Inner Child dalam dirimu maka bersiaplah untuk kesulitan mengubah perasaan dan perilakumu,bahkan mungkin kamu butuh pergi ke terapis. Selain itu coba identifikasi hal apa yang membuatmu terluka sebagai seorang anak.

Apakah kamu pernah menerima kekerasan dalam bentuk fisik maupun verbal,tidak hanya dari lingkungan keluarga tapi juga bisa dari lingkungan rumah maupun sekolah. Kemudian,hal ini dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi kebutuhanmu yang belum terpenuhi di masa kecil. Misalnya, menonton ulang beberapa kartun lama yang Anda sukai saat masih kecil.

Mulailah menerima,mencintai,dan menganggap bahwa Inner Child adalah bagian dari dirimu yang ikut tumbuh bersamaan dengan pertambahan usiamu. Ucapkan kata-kata penuh kasih pada Inner Child mu, “You are precious. You are always good enough. I will keep you safe. You deserve all good things…

Berlatihlah mencintai diri sendiri. Jangan takut untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai. Cari terapis jika Inner Child mu benar-benar terluka,hal ini membantumu menyelesaikan trauma masa kecilmu yang belum terselesaikan.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals