Pernahkan kamu memiliki uang tetapi ternyata uang itu habis begitu saja? Kamu bahkan tidak tahu kemana larinya uang itu dan digunakan untuk apa saja. Hal itu sering terjadi pada banyak orang, terutama di kalangan anak muda yang jarang melakukan perencanaan keuangan.

Mereka tidak tahu bagaimana mengatur keuangan mereka dengan tepat, sehingga berapapun uang yang mereka miliki akan dihabiskan begitu saja dalam waktu yang tepat.

Semua itu diakibatkan oleh tidak adanya perencanaan keuangan yang matang, sehingga orang sering terjebak dalam perilaku impulsif. Namun, sebenarnya apasih perencanaan keuangan pribadi dan seberapa pentingkah itu?

Apa Itu Perencanaan Keuangan?

perencanaan keuanganSource: pixabay.com

Perencanaan keuangan adalah cara untuk mengelola keuangan secara bijak agar dapat mencapai tujuan keuangan. Tujuan keuangan disini yang dimaksud adalah sesuatu yang memang ingin kita capai atau dapatkan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Tujuan perencanaan keuangan itu seperti tabungan, pembiayaan untuk pendidikan, travelling, pernikahan, dana darurat, atau mungkin investasi keuangan lainnya.

Dengan adanya perencanaan keuangan ini kita akan dapat mengukur pengeluaran-pengeluaran yang memang perlu atau tidak, sehingga kita akan mampu mencapai tujuan-tujuan keuangan yang sudah kita buat.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Untuk melakukan perencanaan keuangan, itu bukanlah hal yang sulit namun itu juga bukan hal yang mudah. Untuk mengetahuinya, kamu mungkin bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

Source: pixabay.com

Tetapkan Tujuan

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengetahui tujuan apa yang ingin kamu capai. Apakah kamu ingin membeli kendaraan dalam waktu dekat atau mungkin kamu ingin liburan? Apa kamu ingin membuat dana darurat? Atau bahkan menyiapkan dana pensiun?

Semua itu dapat kamu tetapkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Dengan adanya tujuan yang ditetapkan kamu akan mengetahui apa yang memang kamu butuhkan saat ini.

Catat Semua Pengeluaran Atau Pendapatanmu

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah mencatat semua pengeluaran atau pendapatan ktia. Dengan mencatat pengeluaran dan pendapatan yang kita terima, kita akan tahu seberapa sehat sih kondisi keuangan kita.

Jangan sampai kita mempunyai pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan kita.

Dengan adanya pencatatan ini, kita bisa mengontrol keuangan kita dengan lebih baik karena kita sudah tahu mana pengeluaran yang memang krusial atau tidak. Dengan begitu kita bisa menyesuaikan semua pengeluaran dengan pendapatan yang kita terima.

Tetapkan Strategi

Strategi disini yang dimaksud adalah bagaimana cara kamu mengatur atau mengelola keuangan tersebut. Cara itu dapat dilakukan seperti berhemat, menabung, atau berinvestasi.

Berhemat dapat dilakukan dengan membuat dan mengetahui prioritas kebutuhan, sehingga kita tidak akan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Selain itu, kita juga dapat menyisihkan sebagian uang kita untuk ditabung atau diinvestasikan.

Apalagi sekarang, sudah ada banyak cara yang memudahkan kita untuk menabung atau berinvestasi dengan aman dan nyaman.

Jangan sampai salah kaprah ya, dengan menabung atau berhemat bukan berarti pelit atau kita tidak bisa menikmati hidup kita sekarang karena kita harus menyisihkan sebagian uang kita.

Menerapkan Semuanya 

Setelah kita telah merencanakan semuanya, jangan lupa untuk menerapkannya. Karena, mau sebagus atau sematang apapun rencana yang telah dibuat jika tidak diterapkan maka itu hanya akan menjadi sesuatu yang sia-sia.

Kamu juga harus konsisten dalam melakukannya agar hasilnya dapat maksimal dan tujuan kamu akan tercapai.

Seberapa Pentingkah Perencanaan Keuangan?

Source: pixabay.com

Jika kamu bertanya seberapa pentingkah perencanaan keuangan, jawabannya sangat penting. Apalagi jika kamu dapat melakukannya selagi kamu masih muda. Jangan sampai, setiap kamu memperoleh penghasilan kamu menghabiskannya begitu saja.

Semua perencanaan ini akan sangat berguna bagi kamu ke depannya, sehingga kamu akan mempunyai tabungan di masa depan. Perencaanan keuangan juga dapat mengantarkan kita ke financial freedom, dimana semua kebutuhan kamu dapat terpenuhi.

Pastinya, semua ini harus disesuaikan dengan kondisi keuangan kamu ya. Jangan pernah memaksakannya jika kamu belum dapat melakukannya. Yang penting kamu sudah tahu apa prioritasmu dan mampu mengelola keuanganmu dengan baik sehingga kamu tidak terjebak dalam perilaku boros.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


callmedes

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals