LEGO Group mengumumkan pendapatan yang kuat di tahun 2022, secara signifikan melampaui pasar industri mainan dan mendapatkan pangsa pasar. Pendapatan untuk setahun penuh naik sebanyak 17 persen menjadi 64,6 miliar krone Denmark dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, ini termasuk dampak dari nilai tukar mata uang asing. Kinerja ini didorong oleh permintaan yang kuat untuk portofolio perusahaan, kemitraan ritel baik online maupun toko, dan kuatnya platform e-commerce serta jaringan rantai pasokan global.
Niels B. Christiansen selaku, CEO the LEGO Group mengatakan “Tahun 2022 adalah tahun bersejarah bagi The LEGO Group, bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-90. Hasil kuat ini menunjukkan bahwa LEGO System in Play lebih relevan dan menarik dari sebelumnya.”
“Saya mengapresiasi kinerja tim kami. The LEGO Group mencapai pertumbuhan penjualan sampai dua digit dan memulai tahun ini dengan melebihi ekspektasi, didukung juga oleh pertumbuhan yang luar biasa di tahun lalu di tengah kondisi pasar yang menantang. Hal ini berkat brand kami yang relevan, portofolio yang fantastis dan beragam, pengalaman berbelanja yang menginspirasi, serta eksekusi yang luar biasa dari tim kami.”
Laba operasional meningkat 5 persen menjadi 17,9 miliar krone Denmark, naik dari 17 miliar krone Denmark di tahun 2021. Sedangkan untuk laba bersih, LEGO Group mencapai 13,8 miliar krone Denmark, meningkat 4 persen dari 13,3 miliar krone Denmark dibandingkan tahun lalu.
Hasil ini dapat dicapai meskipun ada tekanan inflasi yang luar biasa pada biaya material, pengiriman, dan energi. Arus kas bebas sebesar 9,3 miliar krone Denmark dibandingkan 12,9 miliar krone Denmark pada tahun 2021, didorong oleh peningkatan investasi modal di berbagai bidang seperti kapasitas produksi.
Portofolio Beragam dengan Daya Tarik yang Kuat
Penjualan konsumen tumbuh 12 persen pada tahun 2022, mencapai pertumbuhan di semua kelompok pasar utama dengan performa kuat di Amerika dan Eropa Barat.
LEGO Group menjangkau lebih banyak anak daripada sebelumnya dengan portofolio yang besar dan beragam. 48 persen dari produknya adalah produk baru, yang dirancang untuk menarik bagi para perakit dari segala usia, hasrat, dan minat. Beberapa tema teratas termasuk rangkaian produk lokal seperti LEGO® City, LEGO® Icons, dan LEGO® Technic, serta tema dengan mitra kekayaan intelektual seperti LEGO® Star Wars™ dan LEGO® Harry Potter™.
Mendorong Momentum dengan Inisiatif Strategis
Pada tahun 2022, LEGO Group terus mempercepat investasinya dalam inisiatif strategis. Ini termasuk dari saluran ritel, inovasi produk, platform ritel milik sendiri dan mitra di toko maupun online, kapasitas produksi, digitalisasi, dan keberlanjutan.
Christiansen mengatakan “Momentum yang telah kita lihat selama beberapa tahun terakhir terus berlanjut sepanjang tahun 2022. Hal ini didorong oleh investasi yang dilakukan untuk membuahkan hasil saat ini dan membangun fondasi pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan. Kami berencana untuk mempercepat investasi dalam inisiatif strategis di tahun-tahun mendatang agar membangun relevansi jangka panjang dan pertumbuhan brand kami.”
Selama tahun ini, LEGO Group membuka 155 toko LEGO baru, sehingga mencapai jumlah total 904 toko di seluruh dunia. LEGO Group juga membuat kemajuan pada proyek perluasan kapasitas di tiga pabriknya, memulai pembangunan pabrik baru yang dikelola secara carbon-neutral di Binh Duong, Vietnam, dan mengumumkan rencana untuk membangun pabrik di Richmond, Virgina, Amerika Serikat untuk memenuhi permintaan di masa depan di Amerika.
LEGO Group juga mempercepat investasi dalam transformasi digital di seluruh bisnisnya yang memberikan berbagai manfaat termasuk peningkatan pengalaman online bagi pembeli dan mitra, serta memperluas pengalaman membangun bagi konsumen.
Perusahaan menargetkan pertumbuhan pendapatan satu digit pada tahun 2023, lebih tinggi dari pasar industri mainan global dan akan terus mempercepat investasi dalam inisiatif strategis.
Menciptakan Dampak Positif Bagi Generasi Mendatang
Di tahun 2022, LEGO Group melanjutkan upaya untuk membuat bisnis dan produknya lebih berkelanjutan. Mulai beralih ke kantong berbahan dasar kertas dalam kemasan kotak LEGO, sejalan dengan misi untuk membuat semua kemasannya dari sumber yang lebih berkelanjutan pada akhir tahun 2025. Di berbagai pabriknya, LEGO Group terus berinvestasi dalam mengurangi limbah, beroperasi dengan lebih efisien energi, serta memperluas produksi dan penggunaan energi matahari.
LEGO Group berkomitmen untuk meningkatkan representasi dan menghapus persepsi gender dalam portofolio dan aktivitas pemasarannya. Selama setahun terakhir, LEGO Group memperkenalkan karakter yang berbeda ke dalam set LEGO-nya dan rangkaian LEGO Friends yang dirancang ulang untuk merayakan keragaman dan optimisme anak-anak masa kini.
Upaya tanggung jawab sosial perusahaan telah menjangkau lebih dari 9,8 juta anak dan keluarga yang membutuhkan melalui program Learning Through Play di komunitas lokal bersama para mitra, seperti Save the Children dan UNICEF.
“Kami berterima kasih bahwa momentum finansial kami memungkinkan brand untuk terusmendukung anak-anak yang membutuhkan dan memberikan lebih banyak kesempatan Learning through Play kepada anak-anak di mana pun.” ditutup oleh Christiansen
Ingin Tahu Informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!