Writy.
  • Geek
    • Animanga
    • Komik
    • Horror & Misteri
    • Event
    • Hobby
  • Movie
    • Hollywood
    • Indonesia
    • Asia
  • Games
    • Mobile Games
    • PC & Console
  • Tekno
    • Gadget
    • Tips & Trick
  • Lifestyle
    • Life
    • Kuliner
    • Traveling
  • Login
No Result
View All Result
  • Geek
    • Animanga
    • Komik
    • Horror & Misteri
    • Event
    • Hobby
  • Movie
    • Hollywood
    • Indonesia
    • Asia
  • Games
    • Mobile Games
    • PC & Console
  • Tekno
    • Gadget
    • Tips & Trick
  • Lifestyle
    • Life
    • Kuliner
    • Traveling
No Result
View All Result
No Result
View All Result
  • Geek
  • Movie
  • Games
  • Tekno
  • Lifestyle
Home Lifestyle Life

Indikator Kepuasan Pelanggan, Komponen Terpenting dalam Bisnis

Josevina Gaby by Josevina Gaby
September 1, 2020
in Life, Lifestyle
0
Indikator Kepuasan Pelanggan, Komponen Terpenting dalam Bisnis

BACA JUGA:

zodiak yang cocok jadi pasangan

10 Zodiak yang Cocok Jadi Pasangan Cinta Berdasarkan Astrologi!

Maret 14, 2023
sejauh mata memandang kudapan

Sejauh Mata Memandang Luncurkan Koleksi Busana “Kudapan”!

Maret 10, 2023

Indikator kepuasan pelanggan merukapak komponen yang sangat penting bagi pengusaha yang ingin membuat bisnis atau usaha mereka. Bisnis mereka berjalan lancar apabila pemilik usaha memperhatikan kepuasan pelanggan saat menerima produk atau jasa yang diberikan. 

Jika konsumen puas dengan produk atau jasa yang diberikan, mereka bisa menjadi calon pelanggan tetap yang setia terhadap satu perusahaan. Karena itu sebagai pemilik usaha, memperhatikan kepuasan konsumen sangatlah penting untuk merencanakan rencana bisnis kedepannya.

Artikel ini akan menjelaskan pengertian dan kegunaan dari mengetahui indikator kepuasan konsumen bagi kamu yang ingin membuat usaha atau bisnis sendiri!

Pengertian Indikator Kepuasan Pelanggan

indikator kepuasan pelanggan

Pengertian kepuasan Pelanggan adalah level atau tingkatan kepuasan konsumen setelah membandingkan jasa atau produk yang diterima dari sebuah badan usaha apakah sesuai ekspektasi. Nah, dari menilai kepuasan konsumen dan meningkatkan ekspektasi konsumen dapat menjadikan mereka menjadi pelanggan tetap yang setia. 

Kevin Lane Keller dan Philip Kotler, kedua tokoh yang memiliki skill di manajemen marketing berpendapat lewat buku Manajemen Pasar bahwa kepuasan konsumen adalah perasaan kecewa atau senang setiap individu setelah membandingkan kinerja produk yang dipikirkan sesuai dengan kinerja produk yang diharapkan. Kepuasan konsumen adalah komponen penting setiap perusahaan agar perusahaan berjalan lancar.

Memperhatikan peningkatan level kepuasan konsumen sangat berguna di dunia persaingan bisnis. Perusahaan dengan level kepuasan pelanggan yang tinggi cenderung lebih unggul dibandingkan pesaing usaha lainnya. Tidak hanya meningkatkan, perusahaan juga harus mampu menjaga stabilitas level kepuasan pelanggan untuk tetap tinggi.

Volume kepuasan pelanggan yang tinggi meningkatkan sales penjualan perusahaan agar aliran kas mengalir deras. Nah, faktor apa saja yang dapat meningkatkan level kepuasan pelanggan? Berikut adalah penjelasan buat kamu mengenai faktor internal dan eksternal perusahaan.

Faktor yang Menjadi Indikator Kepuasan Pelanggan

Faktor kepuasan pelanggan dapat dilihat dari faktor internal dan eksternal perusahaan. Hal yang harus diperhatikan perusahaan dalam mengamati kepuasan pelanggan adalah:

1. Kualitas Produk atau Jasa

Pemilik usaha tidak hanya sekedar membuat bisnis atau badan usaha, namun juga harus dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk atau jasa yang diperjual belikan ke konsumen agar konsumen menjadi pelanggan tetap badan usaha tersebut.

2. Kualitas Customer Service

Kualitas pelayanan kebutuhan konsumen juga menjadi nilai ukur kepuasan konsumen. Konsumen akan senang apabila mendapatkan kualitas pelayanan yang responsif dan ramah, sekaligus dapat membantu konsumen di saat keadaan darurat 

3. Harga

Harga produk atau jasa yang diberikan sesuai dengan nilai produk atau jasa yang ditawarkan. Konsumen juga senang dengan harga barang atau jasa yang relatif murah. Apalagi jika perusahaan menerapkan strategi promosi yang menarik perhatian konsumen untuk membeli produk atau jasa milik perusahaan.

4. Aksesibilitas yang Mudah

Konsumen mudah mendapatkan jasa atau produk tanpa biaya tambahan dan usaha tambahan. Hal ini membuat aksesibilitas lebih mudah didapatkan dan praktis

Nah, kamu sebagai pengusaha juga harus tahu mengenai jenis kepuasan pelanggan yang akan kamu temui saat membuat bisnis.


Mau tahu soal indikator kepuasan pelanggan lebih dalam? Ayo balik ke halaman kedua!

Page 1 of 3
123Next
Tags: bisnisbusinessfinanceLifestyle

Josevina Gaby

Josevina Gaby

Related Stories

zodiak yang cocok jadi pasangan

10 Zodiak yang Cocok Jadi Pasangan Cinta Berdasarkan Astrologi!

by Yunoya Media
Maret 14, 2023
0

Ketika kamu mencari pasangan cinta, tentu kamu ingin menemukan orang yang cocok denganmu. Lihatlah, jika kamu tahu zodiakmu, kamu dapat...

sejauh mata memandang kudapan

Sejauh Mata Memandang Luncurkan Koleksi Busana “Kudapan”!

by Yunoya Media
Maret 10, 2023
0

Sejauh Mata Memandang (SMM), label fesyen lokal berbasis wastra nusantara meluncurkan koleksi terbaru bertajuk “Kudapan”. Bersamaan dengan diluncurkannya koleksi tersebut,...

american psycho

9 Tanda Seorang Psikopat, Perhatikan Ciri-cirinya ya

by Yunoya Media
Maret 10, 2023
0

Mungkin sekarang kamu sedang bertanya-tanya, seperti apa tanda seorang psikopat dan ciri-ciri psikopat, tapi sebelum itu kamu juga harus tahu...

foodspot

foodspot Berbagi 175 Porsi McDonald’s untuk Panti Asuhan “Tebet” Remaja Masa Depan

by Yunoya Media
November 10, 2022
0

Berbagi makanan maupun santunan adalah aksi nyata dari rasa peduli terhadap sesama yang membutuhkan. Salah satunya adalah anak-anak yatim-piatu yang...

© 2023 Yunoya Media | All Rights Reserved

  • About Us
  • Advertise with Yunoya Media
  • Contact Us
  • Nakama Yunoya
  • Media Partner

No Result
View All Result
  • Login
  • Tentang Kami – About Us
  • Advertise with Yunoya Media
  • Kontak Kami
  • Media Partner

© 2023 Yunoya Media | All Rights Reserved

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

error: Maaf ya